Breaking News:

Berita Bali

Insan Pariwisata Jangan Fokus Pada Wisatawan Mancanegara, Koster: Tiap Hari 25 Ribu Wisdom ke Bali

Gubernur Bali, Wayan Koster mengatakan, Bali tidak sepi wisatawan. Bahkan setiap hari, rata-rata ada 25 ribu wisatawan domestik yang datang ke Bali.

Tribun Bali/I Wayan Eri Gunarta
Peresmian Pasar Rakyat Gianyar oleh Gubernur Bali Wayan Koster, Sabtu 18 Desember 2021 - Insan Pariwisata Jangan Fokus Pada Wisatawan Mancanegara, Koster: Tiap Hari 25 Ribu Wisdom ke Bali 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Masih terpakunya pola pikir sebagian besar insan pariwisata terhadap wisatawan mancanegara (wisman), diduga menjadi pemicu banyaknya tuduhan miring terhadap pemerintah tentang terpuruknya pariwisata Bali.

Padahal melihat dari data statistik, Gubernur Bali, Wayan Koster mengatakan, Bali tidak sepi wisatawan.

Bahkan setiap hari, rata-rata ada 25 ribu wisatawan domestik yang datang ke Bali.

Ditemui usai meresmikan Pasar Rakyat Gianyar, Kabupaten Gianyar, Sabtu 18 Desember 2021, Gubernur Koster mengatakan, sepinya wisatawan mancanegara bukan kesalahan pemerintah pusat ataupun Pemprov Bali.

Baca juga: Terima Wamenlu Republik Ceko, Wagub Cok Ace Sebut Bali Siap Terima Wisatawan Mancanegara

Namun, kata dia, dalam situasi pandemi ini, banyak negara yang masih membatasi warganya untuk berwisata ke luar negeri.

Bahkan dari 19 negara yang diperbolehkan masuk ke Bali di masa pandemi ini, mereka masih melarang warganya bepergian keluar negeri

"Meskipun kita buka sejak Oktober lalu. Tapi ternyata dinamika Covid di sejumlah negara itu dinamis sekali. Mengalami perkembangan. Bahkan muncul varian baru. Sehingga, dari 19 negara yang kita buka untuk masuk ke Bali, malah negara itu mengeluarkan kebijakan melarang warganya berwisata keluar negeri," ujar Ketua PDIP Bali tersebut.

Hal tersebut lah, kata Koster, yang menyebabkan hingga saat ini tidak ada wisatawan mancanegara yang masuk Bali.

"Sehingga tidak ada yang datang sampai sekarang. Karena memang Covid-nya lagi naik. Lonjakan kasus terjadi, bahkan ada negara yang melakukan lock down. Australia juga melarang orang luar masuk ke Australia. Dan juga warganya dilarang keluar. Apalagi sekarang muncul varian baru, yaitu omicron ini. Jadi semakin kentat," ujarnya.

Koster menegaskan, pihaknya bersyukur saat ini angka vaksinasi Covid-19 Jawa-Bali cukup tinggi.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved