Breaking News:

Berita Gianyar

Kenakan Pakaian Olahraga, Bupati Mahayastra Lantik 457 Anggota BPD Se-Kabupaten Gianyar

Sebanyak 457 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Gianyar masa jabatan 2021-2027 dilantik Bupati Gianyar

Tribun Bali/I Wayan Eri Gunarta
Bupati Mahayastra lantik 457 anggota BPD Gianyar, Senin 20 Desember 2021 

TRIBUN-BALI COM, GIANYAR - Sebanyak 457 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Gianyar masa jabatan 2021-2027 dilantik Bupati Gianyar, I Made Mahayastra di Alun-alun Gianyar, Senin 20 Desember 2021.

Pelantikan yang dilakukan langsung oleh bupati ini karena struktur BPD merupakan posisi jabatan strategis.

Namun pelantikan tersebut tidak menggunakan pakaian jas melainkan koas berkerah biasa.

 “Harus siap-siap melayani masyarakat, tidak perlu gagah-gagahan pakai jas saat dilantik. Namum setelah dilantik tidak ngapa-ngapain. Lebih baik kita tunjukkan dengan seperti ini bahkan bapak ibu akan kelihatan lebih bugar," ujar Mahayastra.

Baca juga: Diduga Terpapar Omicron, Budayawan Gianyar Dewa Rai: Tidak Berbahaya, Hanya Penyebaran Cepat

Dia menegaskan, setelah dilantik, BPD mempunyai peranan penting karena sebagian tugas-tugas penting bupati, tugas-tugas penting dari Pemkab Gianyar, sudah dilakukan oleh desa.

Mulai dari dana khusus pengelolaan sampah hingga dana alokasi khusus cadangan yang sekarang dikelola oleh desa dinas.

"Untuk itu, saya mengingatkan agar anggota BPD senantiasa melanjutkan program yang menyentuh kepada masyarakat dan jangan malu bertanya dengan anggota BPD yang telah purna tugas," ujarnya.

Baca juga: Pasar Rakyat Termegah Milik Gianyar Diresmikan

Kata dia, sinergi dan kreativitas yang baik antara BPD dengan kepala desa juga diharapkan mampu membuat suatu inovasi baru untuk kemajuan desa.

Mengingat belakangan banyak kepala desa yang saling bersaing menunjukkan inovasi ataupun program-program yang langsung menyentuh masyarakat.

Ditekankan pula keberanian kepala desa agar berani melakukan terobosan baru yang akan membawa desa ke arah yang lebih baik.  

“Kalau kepala desanya tidak kreatif dan tidak ada dukungan dari BPD, biasanya tidak akan pernah maju. Kalau tidak pernah dicoba terkait dengan kebijakan-kebijakan atau terobosan yang nantinya untuk memajukan desa, maka program tidak akan pernah berhasil,” tandasnya.

Baca juga: Kepala BPBD Gianyar Minta Pemilik Truk Jatuh di Tukad Petanu Ubud Ganti Rugi Pembatas Jembatan

Pelantikan anggota BPD kali ini nampak berbeda dengan pelantikan-pelantikan sebelumnya, di mana semua anggota BPD yang dilantik beserta undangan kompak mengenakan pakaian olahraga.

Alasan Bupati Mahayastra menggelar acara pelantikan dengan suasana yang berbeda dengan suasana pelantikan pada umumnya adalah karena acara pelantikan digelar di tempat terbuka.

Selain itu juga dimaksudkan untuk membangun keakraban dengan senam bersama. (*)

Berita lainnya di Berita Gianyar

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved