Breaking News:

Sponsored Content

Tuntas Dibangun, Pura Agung Mpu Kuturan Dipelaspas

Rencananya, tahun 2022 mendatang akan dilaksanakan pembangunan tahap kedua berupa paket pengerjaan pengukiran bangunan parahyangan

istimewa
Pura Agung Mpu Kuturan yang berlokasi di areal Kampus STAHN Mpu Kuturan Singaraja dipelapsas pada Sabtu (18/12/2021) bertepatan pada Purnama Sasih Kepitu. 

TRIBUN-BALI.COM - Pembangunan Pura Agung Mpu Kuturan tahap pertama tuntas dilaksanakan.

Pura yang berlokasi di areal Kampus STAHN Mpu Kuturan Singaraja ini akhirnya dipelapsas pada Sabtu (18/12/2021) bertepatan pada Purnama Sasih Kepitu.

Ketua STAHN Mpu Kuturan Singaraja, Dr. Gede Suwindia, S.Ag, M.A mengatakan pembangunan tahap pertama Lab Praktik Keagamaan ini sudah tuntas dilakukan sesuai dengan kontrak kerja.

Rencananya, tahun 2022 mendatang akan dilaksanakan pembangunan tahap kedua berupa paket pengerjaan pengukiran bangunan parahyangan.

Baca juga: Mahasiswa STAHN Mpu Kuturan Diarahkan Ikuti Webinar Ikuti IDC 2021

“Setelah tuntas dibangun, kami melaksanakan upacara Melaspas Alit Parahyangan Pura Agung Mpu Kuturan. Dan disucikan agar bisa dilaksanakan aktifitas ritual bagi seluruh sivitas akademika Mpu Kuturan,” jelasnya.

Dikatakan Suwindia, secara struktur bangunan Pura Agung Mpu Kuturan ini mengadopsi gaya ukiran khas Bali Utara.

Termasuk penggunaan Paras Abasan yang digunakan juga berasal dari Desa Sangsit, Kecamatan Sawan.

“Kami bertekad melestarikan Budaya Bali Utara dengan ukiran khas Buleleng yang diejawantahkan ke dalam bentuk parahyangan di Mpu Kuturan Singaraja.

Semoga bisa menjadi sumber inspirasi bagaimana konsep ukiran khas Bali Utara itu,” ungkapnya.

Sementara itu, Pengrajeg Karya Melaspas Alit, Ida Bagus Wika Krishna, S.Ag, M.Si mengatakan keberadaan  Pura Agung Mpu Kuturan akan menjadi pusat keagamaan spiritualistas bagi seluruh sivitas akademika Mpu Kuturan Singaraja.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved