Wawancara Tokoh

Artayani Jalankan Peran Ganda Sebagai Ibu & TNI, Bukan Mawar Penghias Taman Tapi Melati Pagar Bangsa

Peran sebagai ibu dan wanita angkatan darat dijalankan oleh Pelaksana Tugas Kepala Penerangan Komando Resor Militer 163/Wira Satya, Komang Artayani

Istimewa
Pelaksana Tugas Kepala Penerangan Komando Resor Militer 163/Wira Satya, Mayor Caj (K) Komang Artayani - Artayani Jalankan Peran Ganda Sebagai Ibu & TNI, Bukan Mawar Penghias Taman Tapi Melati Pagar Bangsa 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwongoro

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Tanggal 22 Desember, menjadi tanggal yang spesial bagi kaum perempuan di Indonesia, selain Hari Ibu, rupanya 22 Desember merupakan tonggak sejarah berdirinya Korps Wanita Angkatan Darat (KOWAD).

Peran sebagai ibu dan wanita angkatan darat dijalankan oleh Pelaksana Tugas Kepala Penerangan Komando Resor Militer 163/Wira Satya, Mayor Caj (K) Komang Artayani.

Lantas, bagaimana perempuan Karangasem 27 September 1975 membagi dua perannya tersebut sebagai ibu rumah tangga dan juga prajurit TNI, Bukan Mawar Penghias Taman Tapi Melati Pagar Bangsa?

Tribun Bali berkesempatan untuk wawancara dengan Mayor Caj (K) Komang Artayani.

Baca juga: Kisah Wanita 22 Tahun Terjebak di Tubuh Bocah, Jika Anda Melihat, Akan Berpikir Saya Gadis Kecil

Tanya : Seperti apa anda membagi peran sebagai ibu bagi anak-anak dan tugas negara sebagai Kowad dan bagaimana perasaannya?

Jawab : Peran sebagai anggota KOWAD sekaligus ibu rumah tanģga bagi saya adalah suatu kebanggaan dimana tidak semua wanita bisa berperan ganda yang bisa mengatur waktu antara keluarga dan karier

Tanya : Ceritakan saat anda mengawali karier sebagai prajurit TNI AD ?

Jawab : Mengawali karier pertama saya dilantik sebagai sersan dua di Pusdik Ajen pada tahun 1995. Penempatan pertama sebagai Ba Ajendam IX/Udayana.

Berselang 2 tahun saya menikah ke Tabanan karena suami asal tabanan. Suami berprofesi sebagai Arsitektur.

Sebelum di Korem saya dinas di Ajendam IX/Udayana sebagai Kasi Minperspra Ajendam IX/Udayana tahun 2017 dan Kasi Minpers PNS Ajendam IX/Udayana tahun 2019.

Setelah itu baru saya di pindah ke Korem dengan jabatan Pasibinpers korem 163/Wira Satya tahun 2021 dan sekarang Pgs Kapenrem 163/Wira Satya sejak November 2021

Tanya : Seperti apa respons suami setelah menikah memiliki istri seorang KOWAD?

Jawab : Syukurnya suami saya mendukung karier saya sebagai KOWAD. Saya di karuniai 4 orang anak 3 putri dan 1 putra, Astungkare salah satu anak saya mengikuti jejak saya sebagai seorang KOWAD.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved