Breaking News:

Berita Buleleng

Empat Sekolah di Buleleng Terima Penghargaan Adiwiyata Nasional

Sebanyak empat sekolah yang ada di Buleleng mendapatkan penghargaan Adiwiyata, dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Istimewa
Empat Sekolah di Buleleng saat menerima penghargaan Adiwiyata secara daring, dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI 

TRIBUN-BALI.COM, BULELENG - Sebanyak empat sekolah yang ada di Buleleng mendapatkan penghargaan Adiwiyata, dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Keempat sekolah itu diberikan penghargaan lantaran dapat melaksanakan upaya peningkatan pendidikan lingkungan hidup. 

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Buleleng, Made Astika dikonfirmasi Jumat (24/12) mengatakan, ke empat sekolah yang berhasil mendapatkan penghargaan Adiwiyata di antaranya SDN 1 Tajun, SDN 1 Banyuning, SMPN 3 Seririt dan SMPN 2 Singaraja.

Penghargaan diberikan sesuai dengan SK Menteri LHK Nomor 1079/MENLHK/P2SDM/SDM.2/2021 tentang Penetapan Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2021. 

Baca juga: KISAH Tiga Cewek Kafe di Buleleng Dikurung di Ruangan Tanpa Ventilasi, Kini Cabut Laporan Polisi

Astika menyebut, setiap tahun pihaknya menyiapkan beberapa satuan pendidikan untuk mewakili masing-masing kecamatan di Buleleng agar dapat mengikuti  penilaian Adiwiyata Nasional ini.

Bimbingan juga diberikan oleh Dinas Lingkungan Hidup Buleleng, agar sekolah yang ditunjuk memiliki kepedulian dan berbudaya lingkungan hidup.

Hal itu diperlihatkan dengan penerapan sikap ramah lingkungan hidup oleh warga sekolah, dan keberhasilan meningkatkan kualitas lingkungan hidup baik di lingkup sekolah maupun wilayah sekitarnya. 

"Kriteria penilaian penghargaan Adiwiyata terdiri dari beberapa aspek, di antaranya aspek kebijakan sekolah yang memiliki wawasan lingkungan hidup, aspek kurikulum sekolah yang berbasis lingkungan hidup, aspek pengelolaan sarana dan prasarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan," ucapnya. 

Baca juga: Tiga Wanita Diduga Disekap di Buleleng, Polisi Selamatkan dari Kafe Terkunci, 1 Orang Muntah-muntah

Imbuh Astika, sejak 2014 total sudah ada 61 sekolah lainnya yang ada di Buleleng,  yang juga berhasil meraih penghargaan Adiwiyata ini.

Baik di tingkat mandiri, kabupaten, provinsi dan nasional.

Setelah berhasil meraih penghargaan itu, Astika pun berharap arga sekolah kedepannya bisa bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. (*)

Berita lainnya di Berita Buleleng

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved