Breaking News:

Berita Bangli

Optimis Pendapatan dari PHR Naik 20 Kali Lipat, Bupati Bangli Akan Sebar Pegawai Kontrak ke Restoran

Ia menjelaskan, Pemkab Bangli ingin mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PHR) melalui sektor Pajak Hotel dan Restoran.

Tribun Bali/Muhammad Fredey Mercury
Suasana salah satu restoran di wilayah Kintamani 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Pegawai kontrak Pemkab Bangli akan disebar ke sejumlah restoran yang berada di Kabupaten Bangli.

Mereka akan menjadi petugas yang bertujuan memantau langsung pendapatan asli daerah.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta saat ditemui di rumah jabatan (RJ) Bupati, Kamis (30/12/2021).

Ia menjelaskan, Pemkab Bangli ingin mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PHR) melalui sektor Pajak Hotel dan Restoran.

Baca juga: Pembangunan Gedung DPRD Bangli Dilanjutkan pada 2022, Dianggarkan Rp 14,5 Miliar

Dalam hal ini pihaknya telah membentuk tim khusus, beranggotakan Badan Keuangan, Pendapatan, dan Aset Daerah (BKPAD) Bangli, Tipikor, dan Kejaksaan.

Selanjutnya, kata Sedana Arta, sesuai permintaan dari para pengelola restoran, pihaknya akan mengirimkan satu orang sebagai tenaga kasir.

Pegawai dari Pemkab Bangli ini ditugaskan untuk memantau secara langsung pembayaran retribusi dari sektor PHR.

"Rencananya kita support dari pegawai kontrak BKPAD Bangli. Kan tidak semua temen-temen (pengelola restoran) minta. Katakanlah kita punya 10 orang, ya kita plot dulu 10 di restoran berbeda," ucapnya.

Diakui Sedana Arta, para pengelola restoran tersebut sejatinya sudah menyadari tentang kewajiban pembayaran pajak. Karena hanya orang yang memiliki penghasilan yang ditagih pajaknya.

"Tentu saja yang berpenghasilan besar. Yang penghasilan rendah kan bebas pajak. Sehingga tidak ada alasan lagi pengusaha-pengusaha untuk tidak bayar pajak," jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved