Breaking News:

Berita Bali

Dukungan Dana Ogoh-ogoh Tak Seragam, Denpasar dan Gianyar Tak Alokasikan Anggaran

Pemerintah kabupaten/kota menyambut baik digelarnya kembali pawai ogoh-ogoh menjelang Hari Raya Nyepi pada Maret 2022 nanti.

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Ilustrasi ogoh-ogoh - Dukungan Dana Ogoh-ogoh Tak Seragam, Denpasar dan Gianyar Tak Alokasikan Anggaran 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Pemerintah kabupaten/kota dan sejumlah MDA (Majelis Desa Adat) di kabupaten/kota di Bali menyambut baik digelarnya kembali pawai ogoh-ogoh menjelang Hari Raya Nyepi pada Maret 2022 nanti.

Kendati mendukung pawai ogoh-ogoh, namun tidak semua pemerintah daerah (pemda) bakal mengucurkan bantuan dana untuk pembuatan dan kegiatan parade ogoh-ogoh.

Kepala Dinas Kebudayaan Klungkung Ida Bagus Jumpung Oka Wedhana mengatakan, Disbud telah menyiapkan anggaran Rp 77 juta untuk dana pembinaan jika dilaksanakan kembali parade ogoh-ogoh.

Hanya saja karena refocusing anggaran, tahun ini per kecamatan di Klungkung hanya diwakilkan oleh 1 ogoh-ogoh.

Baca juga: Disbud Badung Belum Putuskan Perhelatan Pawai Ogoh-Ogoh di Wilayahnya

Untuk ogoh-ogoh di Kecamatan Dawan, Klungkung, dan Banjarangkan masing-masing akan menerima dana pembinaan senilai Rp 18 juta.

Sementara di Kecamatan Nusa Penida karena harus menyeberang laut, diberikan dana pembinaan Rp 23 juta.

"Ini untuk memfasilitasi kreatifitas generasi muda dalam partisipasi mereka melestarikan kebudayaan. Ini kami harus dukung, walau kami masih harus menunggu SE Gubernur. Jika sudah ada kepastian, kami langsung koordinasikan dengan kecamatan," ungkap Ida Bagus Jumpung.

Bantuan dana serupa juga akan dikucurkan oleh Pemkab Badung.

Namun demikian, Pemkab Gianyar dan Pemkot Denpasar tidak mengalokasikan bantuan untuk ogoh-ogoh, karena memang bantuan semacam itu tidak ada sebelumnya.

Tak adanya bantuan itu, karena Pemkab Gianyar tidak ingin mengikat kaum muda dalam mengekspresikan kreativitas anak mudanya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved