Breaking News:

Berita Bali

33 Ekor Penyu Hijau Dilepasliarkan di Pantai Kuta, 31 di Antaranya Hasil Sitaan Lanal Denpasar

Sebanyak 33 ekor penyu hijau terdiri dari 31 ekor hasil sitaan Lanal Denpasar dan 2 ekor tambahan dari TCEC dilepasliarkan di Pantai Kuta, Sabtu 8

Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Proses pelepasliaran 33 ekor penyu hijau, terdiri dari 31 ekor hasil sitaan Lanal Denpasar yang dilakukan di Pantai Kuta, Bali, Sabtu 8 Januari 2022. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Sebanyak 33 ekor penyu hijau terdiri dari 31 ekor hasil sitaan Lanal Denpasar dan 2 ekor tambahan dari TCEC dilepasliarkan di Pantai Kuta, Sabtu 8 Januari 2022 pagi.

Untuk mengangkat satu ekor penyu yang besar dilakukan dua hingga lima orang dan terdapat sejumlah penyu besar.

Kegiatan pelepasan kembali 33 ekor penyu hijau itu dihadiri langsung oleh Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal), Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, Danlanal Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, Danlanud I Gusti Ngurah Rai Kolonel Pnb Reza R. R. Sastranegara, Kepala BKSDA Bali, R. Agus Budi Santosa dan stakeholder lainnya.

Baca juga: TNI AL Gagalkan Penyelundupan 32 Ekor Penyu Hijau di Perairan Serangan Bali

"Ini penyu hasil tindak pidana dan masih dalam proses, namun karena ini mahluk hidup kalau lama-lama disimpan sebagai barang bukti takutnya mati. Makanya 33 ekor penyu kita lepaskan hari ini," ujar Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri.

Wakasal menambahkan penyu hijau ini adalah binatang dilindungi oleh pemerintah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 tahun 1990 tentang konservasi Sumber Daya Alam.

Keberadaan penyu hijau ini pun sangat penting untuk ekosistem di laut karena dia memakan ganggang-ganggang yang menutupi permukaan laut, kalau itu tidak dimakan oleh penyu hijau maka sinar matahari tidak langsung turun ke bawah laut sehingga plankton-plankton tidak bisa hidup subur.

"Di mana plankton-plankton ini adalah sumber makanan bagi hewan di laut ikan-ikan tidak dapat hidup, kasihan nelayan kita yang menggantungkan hidup dari menangkap ikan," tambahnya.

31 ekor penyu hijau ini merupakan hasil penggagalan upaya penyelundupan dari tiga jukung dan Lanal Denpasar mengamankan sebanyak 21 orang ABK pada 30 Desember 2021 lalu.

Baca juga: Ribuan Telur Penyu Gagal Menetas di Klungkung, Ombak Besar Menerjang Tempat Penangkaran

Saat penangkapan, satu ekor penyu dalam keadaan dipotong-potong untuk dimakan oleh para ABK.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved