Breaking News:

Berita Bangli

Dilanda Hujan Lebat, Empat Kecamatan di Bangli Dikepung Bencana

Hujan lebat disertai kilatan petir di Bangli pada hari Minggu 9 Januari 2022, mengakibatkan dampak bencana mulai dari air bah, pohon tumbang, hingga l

ist
Krama pengempon Pura Tirta Payuk saat melakukan upaya pembersihan di areal pura. Senin (10/1) 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Hujan lebat disertai kilatan petir di Bangli pada hari Minggu 9 Januari 2022, mengakibatkan dampak bencana mulai dari air bah, pohon tumbang, hingga longsor.

Berdasarkan data, titik kebecanaan tercatat di seluruh kecamatan.

Seperti di Kecamatan Bangli, dampak kebencanaan tercatat di sejumlah titik. Mulai dari wilayah kota, tepatnya di areal Beji Pura Tirta Sudamala, Banjar Adat Sedit, Kelurahan Bebalang yang terdampak air bah. Dampak bencana serupa juga terjadi di wilayah Pura Tirta Payuk di Banjar Bangun Lemah Kangin, Desa Apuan, Susut.

Kelian Adat Desa Adat Bangun Lemah Kangin, I Wayan Taman mengatakan, musibah tersebut diketahui pukul 18.00 Wita akibat adanya pohon besar yang hanyut dan menyumbat aliran gorong-gorong, yang merupakan aliran air Tukad Pecuit.

Alhasil air meluap hingga ketinggian 10 meter dan menenggelamkan seluruh area Pura yang diempon 208 KK itu.

"Yang ngempon disini dari dua Banjar. Yakni, banjar Bangun Lemah Kangin dan Bangun Lemah Kauh," ucapnya.

Kejadian tersebut membuat tembok penyengker Pura dengan panjang keliling mencapai 50 meter lebih beserta candi bentar di Pura tersebut ambrol tak berbekas.

Sejumlah bangunan suci, seperti Palinggih Lebuh, Pewaregan, Gedong tempat tirta mengalami kerusakan parah. Seluruh perlengkapan upacara dan sejumlah arca juga hanyut.

"Kerusakan juga terjadi pada pemandian umum. Total kerugian mencapai Rp 500 juta. Sementara upaya penanggulangan, krama setempat telah melakukan upaya gotong royong dibantu petugas BPBD Bangli. Setelah ini akan kita lakukan upacara pembersihan terlebih dahulu. Sedangkan untuk perbaikannya, masih akan kita parumkan bersama banjar pengempon," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Bangli I Ketut Gde Wiredana mengungkapkan, penanganan dampak kebencanaan sebagian telah dilakukan pada hari Minggu 9 Januari 2022, dan dilanjutkan pada Senin 10 Januari 2022. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved