Breaking News:

Berita Bali

Moderna Paling Banyak Hasilkan KIPI, Dinkes Bali Siapkan Tim Dokter Dipenyuntikan Vaksin Booster

Kegiatan vaksinasi Covid-19 booster dimulai hari ini dan dilakukan perdana untuk masyarakat Bali di Wantilan DPRD Provinsi Bali

Tribun Bali/Ni Luh Putu Wahyuni Sari
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya - Moderna Paling Banyak Hasilkan KIPI, Dinkes Bali Siapkan Tim Dokter Dipenyuntikan Vaksin Booster 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ni Luh Putu Wahyuni Sri Utami

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kegiatan vaksinasi Covid-19 booster dimulai hari ini dan dilakukan perdana untuk masyarakat Bali di Wantilan DPRD Provinsi Bali.

Ada empat jenis vaksin Covid-19 yang digunakan yakni Moderna, Sinovac, AstraZeneca, dan Pfizer.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya menjelaskan, bagaimana sistematika pemberian vaksin Covid-19 booster ini.

"Vaksin untuk booster ada dua jenis, ada Homolog dan Heterolog. Homolog adalah kegiatan vaksinasi dengan jenis vaksin satu dua dan booster nya sama. Misalnya dia menggunakan vaksin Sinovac untuk penyuntikan pertama dan kedua nantinya penyuntikan booster-nya ia dapat menggunakan vaksin Sinovac kembali. Sama halnya dengan vaksin AstraZeneca jika penyuntikan vaksin pertama dan keduanya menggunakan AstraZeneca penyuntikan booster-nya dapat menggunakan AstraZeneca kembali," jelasnya, Rabu 12 Januari 2022.

Baca juga: BREAKING NEWS: Vaksinasi Covid-19 Booster Dimulai Hari Ini Gratis untuk Masyarakat Bali

Namun masyarakat juga bisa menerapkan vaksinasi Heterolog.

Vaksinasi booster dengan Heterolog adalah vaksinasi yang menggunakan jenis vaksin berbeda dengan vaksin satu dan duanya.

Contohnya seperti penyuntikan dosis pertama dan kedua menggunakan vaksin jenis Sinovac lalu untuk vaksin booster-nya menggunakan vaksin jenis Moderna.

"Karena setelah di uji WA dan antibodinya sangat tinggi. Masyarakat bisa memilih mau menggunakan vaksin jenis apa untuk booster. Boleh saat datang memilih jenis vaksinnya sesuai dengan ketersediaan saat itu. Misalnya pilih Pfizer dan tidak ada bisa cari vaksin lain," tambahnya.

Untuk saat ini vaksin Covid-19 yang masih tersedia di Provinsi Bali sebanyak 280 ribu dosis.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved