Breaking News:

Berita Badung

PHRI Badung Sebut di Bali Ada 55 Hotel yang Sudah Siap Jadi Tempat Karantina

Hotel tersebut digunakan sebagai tempat karantina bagi warga negara Indonesia (WNI) yang notabene pelaku perjalanan luar negeri (PPLN)

Istimewa
Ketua PHRI Badung I Gusti Rai Suryawijaya 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Sejumlah hotel rencananya akan digunakan sebagai tempat karantina oleh pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Hotel tersebut digunakan sebagai tempat karantina bagi warga negara Indonesia (WNI) yang notabene pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

Bahkan penerbangan internasional di Bandara Ngurah Rai rencananya juga akan segera dibuka khusus bagi WNI PPLN terutama bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Menyikapi informasi itu, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Badung sangat menyambut positif. Pasalnya sangat berdampak pada tingkat okupansi hotel di Bali.

Baca juga: Percepat Vaksinasi Covid-19, Diskes Badung Sebut Setiap Kecamatan Akan Ada Pelayanan Vaksin Booster

"Tentu sangat berpengaruh, pada dunia pariwisata, jika memang digunakan sebagai tempat karantina. Namun kita lihat juga jumlahnya berapa pekerja migran itu," ujar Ketua PHRI Badung I Gusti Agung Rai Suryawijaya saat dikonfirmasi Kamis 13 Januari 2022.

Pihaknya mengakui kabar hotel di Bali menjadi tempat karantina sudah pernah pada tahun 2021 lalu. Bahkan pihaknya di Bali khususnya Badung mempersiapkan diri untuk hal tersebut.

"Dulu kan sudah pernah, seingat saya ada 55 hotel yang siap menjadi tempat karantina. Bahkan ada lagi yang mengusulkan waktu itu. Tapi nama-namanya saya lupa," ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan jika, membutuhkan hotel sebagai tempat karantina, maka sebaiknya menggunakan hotel yang sebelumnya sudah ready. Sehingga saat ini tinggal melakukan verifikasi saja.

"Kalau verifikasi kan banyak, pertama kesiapan mereka dari segi sarana dan prasarana prokes. Selain itu memiliki sertifikat CHSE, Karyawannya sudah divaksin, punya kerja sama dengan rumah sakit dan yang lainnya," ungkap Suryawijaya.

Disinggung mengenai hotel yang siap menjadi tempat karantina, Suryawijaya mengaku semua hotel berlokasi di wilayah green zone seperti, Kuta, Tuban, Nusa Dua, Sanur dan Ubud.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved