Berita Klungkung

Rambu dan Spanduk Larangan Tak Mempan, Pemilik Kendaraan Bengkung Parkir di Badan Jalan di Klungkung

Masih ada warga yang tak mematuhi aturan memarkir kendaraan di ruas jalan di Klungkung, Bali.

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Kendaraan yang tetap parkir di badan jalan, meski ada rambu dan spanduk larangan parkir di Jalan Gajah Mada, Semarapura, Klungkung, Kamis 10 Februari 2022 pagi - Rambu dan Spanduk Larangan Tak Mempan, Pemilik Kendaraan Bengkung Parkir di Badan Jalan di Klungkung 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Masih ada warga yang tak mematuhi aturan memarkir kendaraan di ruas jalan di Klungkung, Bali.

Padahal tim gabungan yang terdiri dari Polisi Lalu Lintas, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP telah membentuk forum lalu lintas, salah satu fungsinya menertibkan kendaraan parkir.

Seperti yang tampak di ruas jalan Gajah Mada, Klungkung, Kamis pagi 10 Februari 2022.

Beberapa kendaraan tampak masih parkir di badan jalan, meskipun di ruas jalan tersebut sudah jelas terpasang rambu larangan parkir dan sudah ada spanduk imbauan larangan parkir dari forum lalu lintas Kabupaten Klungkung.

Baca juga: Beberapa Warga di Klungkung Masih Abai Aturan Parkir Meski Telah Terpasang Rambu Larangan Parkir

"Kendaraanya boleh mobil, tapi etikanya tidak ada. Sudah jelas ada rambu dan larangan parkir, masih saja parkir disana (badan jalan)," kata seorang warga yang sedang berjalan kaki depan Kantor Inspektorat Klungkung.

Kata dia, aparat harus lebih rutin lagi melakukan tindakan tegas, khususnya menindak mobil-mobil yang parkir di ruang manfaat jalan.

"Jika aparat tidak tegas, jadi kebiasaan warga parkir sembarangan. Kan sudah jelas di spanduk itu, kendaraan parkir di badan jalan bisa dikenakan sanksi denda Rp500 ribu dan bahkan penjara 2 bulan," ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Klungkung, I Nyoman Sucitra menjelaskan, di Klungkung sudah ada forum lalu lintas yang bertugas untuk menertibkan kendaraan yang parkir sembarangan.

"Tahun ini kegiatan forum lalu lintas ini tidak ada anggarannya. Tapi penertiban kami kita laksanakan, hanya saja sifatnya situasional di lapangan," jelasnya.

Kata dia, Dishub Klungkung tidak punya kewenangan untuk menindak kendaraan yang melanggar aturan parkir.

Baca juga: Klungkung Telah Bentuk Forum Lalu Lintas, namun Beberapa Warga  Masih Abai Aturan Parkir 

Penindakan biasanya dilakukan oleh kepolisian dan Satpol PP.

"Tugas forum lalu lintas selain penindakan, juga memberikan sosialisasi dan himbauan dengan memasang spanduk untuk mengingatkan warga agar tertib dalam memarkir kendaraannya," tegasnya. (*).

Kumpulan Artikel Klungkung

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved