Berita Bali

Wisman Singapura Jalani Karantina di Sejumlah Hotel di Wilayah Kuta, Sanur Hingga Ubud

Penerbangan internasional reguler dari Singapore Airlines dengan rute Denpasar-Singapura yang tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, R

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Noviana Windri
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Suasana terminal keberangkatan internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Rabu 16 Februari 2022 siang. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Penerbangan internasional reguler dari Singapore Airlines dengan rute Denpasar- Singapura yang tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Rabu (16 Februari 2022) membawa penumpang sebanyak 159 orang.

Dan dari 159 penumpang ini 47 orang diantaranya adalah WNI dan 112 orang WNA.

Hal ini disampaikan Gubernur Bali Wayan Koster dalam konferensi pers nya di terminal kedatangan internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Sebelum melakukan konferensi pers, Gubernur dan Wakil Gubernur Bali beserta rombongan meninjau langsung alur kedatangan penumpang begitu turun pesawat hingga kedalam terminal kedatangan internasional.

"Saya menyaksikan langsung tadi prosesnya mulai dari kedatangan, pemeriksaan e-HAC, pengambilan PCR kemudian pemeriksaan dokumen paspor. Saya lihat sirkulasinya berjalan lancar dan sesuai dengan protokol kesehatan," ujar Gubernur Bali Wayan Koster.

Baca juga: 100 Wisman Datang ke Bali, Hari Ini Singapore Airlines Mendarat di Bandara Ngura Rai

Baca juga: BESOK Singapore Airlines Terbang ke Bali, Penumpang Diarahkan Menunggu Hasil Tes PCR di Hotel

Baca juga: Bali Kembali Sambut Kedatangan Wisman, Esok Singapore Airlines Ditargetkan Bawa 200 Penumpang

Menurutnya tidak ada kelambatan atau hambatan terjadi di dalam titik-titik pelayanan alur tersebut.

Dan ini merupakan ujian atau exercise berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan bagi para pelaku perjalanan luar negeri khususnya wisatawan mancanegara yang datang hari ini dengan jumlah penumpang yang cukup banyak yakni 159 orang.

Sebelumnya, saya perlu sampaikan penerbangan internasional ke Bali telah berjalan mulai dari 3 Februari 2022 lalu penerbangan Garuda Indonesia rute Narita-Denpasar namun pada saat itu penumpangnya hanya 12 orang, dan berjalan dengan lancar.

Frekuensi penerbangan Garuda Indonesia rute Narita-Denpasar ini satu minggu sekali setiap hari Kamis, sedangkan Singapore Airlines itu rencananya adalah setiap hari.

"Selain itu saya juga perlu menyampaikan bahwa saya telah mendapatkan surat dari manajemen Jet Star dan AirAsia juga akan melakukan penerbangan dengan membawa sejumlah penumpang dengan pesawat Airbus A320 dari Singapura langsung ke Denpasar. Rencananya antara tanggal 4 Maret sampai 22 Maret 2022, tetapi tadi saya mendapat konfirmasi itu rencananya tanggal 16 Maret 2022. Saya berharap ini akan bisa lebih cepat dari tanggal 16 Maret," jelas Gubernur Bali Wayan Koster.

Lebih lanjut Gubernur Bali mengatakan dirinya terus berkoordinasi dengan Dirut Garuda Indonesia terakhir malam tadi mengenai penerbangan internasional lainnya setelah Narita-Denpasar.

"Sampai terakhir tadi malam saya berkoordinasi untuk melakukan penerbangan dari Sydney ke Denpasar langsung, dan kebetulan Dirut Garuda Indonesia ini adalah sahabat baik saya sesama lulusan Institut Teknik Bandung satu angkatan. Jadi saya meminta langsung kepada beliau agar Garuda Indonesia segera membuka dan melakukan penerbangan dari Australia dimulai dari Sydney ke Denpasar," imbuhnya.

Hasil koordinasi tersebut disampaikan Gubernur Bali bahwa Dirut Garuda Indonesia Irfan Setiawan sudah siap berkomitmen untuk melaksanakannya, dan rencananya akan dimulai 4 Maret 2022.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved