Music Zone

Griya Prestasi Bali dan Sanggar Pondok Seni 36 Rilis Album Perdana 'Tembang Pupuh Kreasi Vol.1'

dalam rangka turut serta melestarikan seni budaya Bali terutama di bidang seni tarik suara dan juga memperkenalkan tembang pupuh yang merupakan warisa

Penulis: Noviana Windri | Editor: Noviana Windri
Tribun Bali/Noviana Windri
Sanggar Griya Prestasi Bali dan Sanggar Pondok Seni 36 merilis album 'Tembang Pupuh Kreasi Vol.1' di Warung Mina Padangsambian, Denpasar, Minggu (21 Februari 2022). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Noviana Windri Rahmawati

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Sanggar Griya Prestasi Bali dan Sanggar Pondok Seni 36 merilis album ' Tembang Pupuh Kreasi Vol.1' di Warung Mina Padangsambian, Denpasar, Minggu (21 Februari 2022).

Pimpinan sanggar Griya Prestasi Bali, Gede Dana Pramitha menjelaskan dirilisnya album perdana ini adalah dalam rangka turut serta melestarikan seni budaya Bali terutama di bidang seni tarik suara dan juga memperkenalkan tembang pupuh yang merupakan warisan leluhur budaya Bali turun temurun.

Mengangkat beberapa tembang pupuh seperti : Pupuh Ginada, Pupuh Pucung, Pupuh Ginanti, Pupuh Sinom Dan Pupuh Maskumambang yang masing-masing memiliki pesan moral yang sarat makna.

"Selain harus dikenal, makna dari lirik setiap bait mengandung pesan moral. Disitu yang ingin saya sampaikan ke pendengar terutama anak-anak. Saya harap Tembang Pupuh Kreasi Vol.1 bisa di audiensikan dan disisipkan ke pelajaran di sekolah," ujarnya.

Album ini digarap atas kerjasama berbagai pihak diantaranya adalah adanya peran serta orang tua dan para penyanyi yang terseleksi lewat pemilihan Duta Lagu Anak Dan Remaja Griya Prestasi sejak tahun 2019.

Baca juga: Sempat Jadi Pasien RSJ, Kini Tiga Personel Band Arusaji Rilis Album untuk Pemulihan

Baca juga: Kuartet Rock Jalan Tengah Rilis Album Penuh Garis Putih, Apresiasi Ombags dkk terhadap Penggemar

Baca juga: Ramaikan Blantika Musik Bali, Band Neivill Rilis Album Perdana Jiwa Rock n Roll

Adapun penyanyi yang terlibat diantaranya: A.A.A. Made Widyanti Apsari, Luh Kadek Dinda Pradnya Patni, Agnes Monica Candra, Komang Bulan Manohara, dan Ni Putu Lita Suarianti.

Sedangkan untuk proses produksi dibantu oleh Executive Music Producer: Gede Dana Pramitha, Music Producer: I Ketut Alit Jatendra, Music Arranger: I Gusti Ngurah Sudarsana & Sila Home Studio, Videograper: De Drawa, Dewa Partika, Bali TV dan Mastering: Yasa Sega.

"Prosesnya pengerjaan album ini sejak September 2019, lalu menggarap musik, 2021 sudah clear. Tapi karena covid sempat vakum hampir 1 tahun," tambahnya.

Untuk sosialisasi Album Pupuh Kreasi ini akan mempergunakan media promosi online, seperti: media sosial facebook, istagram, chanel youtube Griya Prestasi Bali, media cetak, radio dan televisi. 

Disamping itu juga akan diadakan juga road show yang mana salah satunya adalah program penggalangan dana sosial melalui acara Malam Amal Sosial Kemanusian bersama Karang Taruna Denpasar dibawah naungan Dinas Sosial Kota Denpasar pada Bulan Maret 2022, mengadakan lomba menyanyi pada bulan September 2022 yang akan memperlombakan 5 lagu di dalam Album Pupuh Kreasi ini dan tentu saja akan didukung oleh Dinas Kebudayaaan Kota Denpasar.

"Kedepannya akan dipersiapkan kembali Album Pupuh Kreasi Vol.2 yang akan direncanakan Launching pada bulan Februari 2023. Oleh karena itu, kami mohon doa restunya pada semua pihak dan tak lupa kami mengucapkan terima kasih atas proses panjang yang telah dilalui demi selesainya album ini dan album mendatang." tutupnya.

BIODATA PENYANYI

A.A.A. Made Widyanti Apsari

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved