Bergabung dengan Amerika Serikat, Taiwan Tunjuk Taring ke Rusia, Bakal Batasi Peredaran Chip

Bergabung dengan Amerika Serikat, Taiwan Tunjuk Taring ke Rusia, Bakal Batasi Peredaran Chip

kompas.com
ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA – Sejak Rusia resmi menyerang Ukraina dengan kekuatan penuh, negara pemenang perang dunia kedua itu mendapat sanksi ekonomi dari beberapa negara.

Teranyar, Taiwan diketahui ikut menjatuhi sanksi kepada Rusia dengan membatasi peredaran chip buatannya.

Kepala Kementerian Ekonomi Taiwan Wang Mei-hua menyatakan, sanksi tersebut dilayangkan negaranya, setelah Taiwan resmi bergabung dengan AS dalam pemberian sanksi internasional untuk Rusia, pada Jumat (25/2/2022).

Baca juga: Pesawat Mimpi Ukraina Dihancurkan Rusia, Menlu: Mereka Tak Bisa Hancurkan Mimpi Kita

Taiwan diketahui menjadi produsen chip terbesar di dunia, dengan Taiwan Semiconductor Manufacturing Company atau yang kerap disapa TSMC sebagai pabrikan chip andalannya.

“Produsen semikonduktor domestik juga telah menyatakan bahwa mereka akan mematuhi undang-undang dan bekerja sama erat dengan langkah-langkah pemerintah," jelas Wang Mei-hua Menteri Ekonomi Taiwan.

Dilansir dari Reuters, langkah ini diambil Taiwan setelah presiden Rusia Vladimir Putin menyerukan serangan rudal dan enggan berdamai dengan Ukraina. Akibat aksinya ini Rusia terancam tak bisa lagi mendapat suplai bahan chip dari Taiwan.

Mei-hua menambahkan meskipun Rusia bukan menjadi pasar utama produk dari perdagangan TSMC Taiwan. Namun perusahaan besutan Rusia seperti Baikal, MCST, Yadro, dan STC Module diketahui memasok bahan utama chip mereka dari TSMC Taiwan.

Baca juga: Rusia Targetkan Kuasai Ukraina 2 Maret 2022, Setiap Hari Vladimir Putin Keluarkan Rp 287 Triliun

Diharapkan dengan adanya penangguhan chip tersebut dapat melemahkan sistem pertahanan teknologi Rusia sehingga aksi invasi yang dilayangkan Rusia dan Ukraina dapat segera berhenti dan tak lagi menimbulkan korban berjatuhan.

Artikel terkait telah tayang di Tribunnews dengan judul Taiwan Ancam Beri Sanksi kepada Rusia, Bakal Batasi Peredaran Chip

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved