Berita Bali

Dari 176 Penumpang Singapore Airlines ke Bali Hari Ini, Hanya Satu WNA Gunakan Visa on Arrival

Dimungkinkan kata Jamaruli bahwa umumnya penumpang SQ-983 tersebut telah jauh-jauh hari mengurus e-Visa akhirnya mereka menggunakan itu dalam

Tribun Bali / Eviera Paramita Sandi
ilustrasi Pesawat Singapore Airlines di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Dari 176 Penumpang Singapore Airlines ke Bali Hari Ini, Hanya Satu WNA Gunakan Visa on Arrival 

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA – Di hari pertama penerapan Visa on Arrival (VOA) bagi WNA masuk ke Bali ternyata hanya satu orang asing yang menggunakan VOA dalam penerbangan Singapore Airlines rute Denpasar-Singapura siang ini.

“Dari 176 penumpang dari Singapore Airlines yang menggunakan fasilitas Visa Kunjungan Saat Kedatangan Khusus Wisatawan (Visa on Arrival/VOA) hanya satu orang WNA dari Australia,” ujar Kepala Kanwil Kemenkumham Bali, Jamaruli Manihuruk, Senin 7 Maret 2022 saat ditemui tribunbali.com di terminal kedatangan internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Dimungkinkan kata Jamaruli bahwa umumnya penumpang SQ-938 tersebut telah jauh-jauh hari mengurus e-Visa akhirnya mereka menggunakan itu dalam penerbangan siang tadi.

Selain itu juga mungkin mereka dari e-Visa yang dimiliki mereka bisa diperpanjang sampai empat kali jadi memiliki masa tinggal 6 bulan di Bali, tetapi kalau VOA perpanjangan hanya sekali pertama 30 hari lalu sekali perpanjangan 30 hari lagi.

Baca juga: Penerapan Visa On Arrival dan Bebas Karantina, Cok Ace Harap Pariwisata Bali Semakin Menggeliat

Daftar 23 negara yang diizinkan dapat VOA termasuk negara-negara ASEAN telah melalui berbagai pertimbangan sebelumnya ASEAN bebas visa tetapi untuk ke Bali mulai hari ini diberlakukan VOA.

Diharapkan dengan penerapan VOA di Bali ini mempermudah orang asing masuk kesini dan tentu dampaknya akan multiplier effect khususnya terhadap perekonomian pulau dewata umumnya Indonesia.

Persyaratan yang harus dipersiapkan oleh Orang Asing untuk mendapatkan VOA Khusus Wisata saat di counter Imigrasi yakni paspor yang masih berlaku minimal selama 6 bulan, tiket kembali atau tiket terusan untuk melanjutkan perjalanan ke negara lain serta dokumen lainnya yang dipersyaratkan sesuai dengan ketetapan Satuan Tugas Covid-19.

Adapun tarif PNBP untuk VOA Khusus Wisata diberlakukan sesuai dengan Lampiran Peraturan Pemerintah No. 28 Tahun 2019, yakni sebesar Rp 500.000.(*)

Artikel lainnya di Berita Bali

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved