Berita Bali

Mengintip Kemegahan Patung Garuda Wisnu Kencana di Bali yang Terbuat dari 754 Modul dan 900 Ton Baja

Terbuat dari tembaga dan kuningan, GWK tercatat memiliki ketinggian 76 meter dengan 754 modul dan 25 segmen baja seberat 900 ton

Tribun Bali/Arini Valentya Chusni
Kemegahan Patung GWK 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Bali tidak hanya identik dengan wisata pantainya saja, namun juga terkenal dengan wisata patung yang mendunia.

Apalagi kalau bukan Patung Garuda Wisnu Kencana.

Patung karya I Nyoman Nuarta ini masuk jajaran patung tertinggi di dunia.

Terbuat dari tembaga dan kuningan, GWK tercatat memiliki ketinggian 76 meter dengan 754 modul dan 25 segmen baja seberat 900 ton.

Baca juga: GWK Tempat Jamuan Delegasi, Jelang Perhelatan KTT G20 di Bali, Jokowi Soroti Pintu & Parkir

Patung Garuda Wisnu Kencana lokasinya di dalam area taman budaya di kawasan tempat wisata Ungasan Bali. Nama tempatnya Taman Budaya GWK Bali.

Alamat taman budaya Garuda Wisnu Kencana berada di Jl. Raya Uluwatu, Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Patung ini berbentuk Batara Wisnu yang menunggangi hewan legendaris garuda sebagai simbol Amerta, kebajikan yang abadi.

Tidak hanya itu, GWK juga dirancang menjadi wahana utama dari pertunjukan artistik, pameran, dan perhelatan akbar lainnya – selain sebagai tujuan rekreasi dan arena bersantai keluarga.

Di sisi kiri dari pintu masuk kawasan ini, terdapat panggung amphitheater.

Di panggung ini, setiap harinya dipertunjukkan beberapa  tari tradisional Bali.

Tari-tari Bali yang dipentaskan tersebut antara lain tari cilinaya, tari topeng tua, tari cenderawasih, tari legong keraton, tari baris, dan tari barong rangda.

GWK tidak sekadar menawarkan daya tarik panorama yang indah.

Di tempat ini, juga dipentaskan kekayaan seni tradisional Bali yang akan membuat kunjungan Anda ke Pulau Dewata meninggalkan kenangan yang berkesan.

Salah satu contohnya pada Minggu (27/3/2022) di Patung Garuda Wisnu Kencana telah berlangsung pertunjukan kolosal ogoh-ogoh terbesar yang melibatkan 500 seniman.

Baca juga: Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan GWK Cultural Park Sebagai Tempat Jamuan Makan Delegasi G20

Pementasan Kolosal Ogoh-Ogoh yang pertama dan terbesar di Bali mengangkat tajuk “Amerebut Tirta Amertha” yang diharapkan bisa menjadi gebrakan awal bangkitnya pariwisata Bali.

"Suatu kebanggaan bagi Garuda Wisnu Kencana Cultural Park untuk bisa mengapresiasi dan merangkul lebih dari 500 Seniman di Bali sebagai upaya membangkitkan dunia pariwisata Bali yang sudah lama vakum karena adanya pandemi," ujar Andre R Prawiradisastra, selaku Marketing Communication & Event Division Head GWK Culture Park.

Selain Tribunners bisa menyaksikan kebudayaan Bali di sini, kamu juga bisa menikmati beberapa fasilitas dan wahana seperti permainan scooter.

Patung berwujud Dewa Wisnu (Dewa Pemelihara) yang sedang mengendarai Garuda yang berkisah mengenai rasa bakti dan pengorbanan burung Garuda demi menyelamatkan ibunya dari perbudakan dan berakhir dilindungi oleh dewa wisnu.(*)

Artikel lainnya di Berita Badung

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved