Kepung Gedung DPR RI, Berikut 4 Tuntutan Demo BEM SI

Seluruh mahasiswa itu akan berkumpul di depan Gedung DPR untuk menyampaikan tuntutan mereka, satu di antaranya ialah wacana penundaan pemilu 2024.

Editor: Noviana Windri
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi BEM Seluruh Indonesia melakukan aksi unjuk rasa di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Senin (28/3/2022). Dalam aksi tersebut para mahasiswa menyampaikan protes terhadap Pemerintah atas beberapa masalah yang terjadi di beberapa waktu terakhir, seperti kelangkaan bahan pokok, pemindahan Ibu Kota Negara, penundaan Pemilu 2024 serta perpanjangan masa jabatan Presiden menjadi 3 periode. 

TRIBUN-BALI.COM - Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia ( BEM SI) menggelar aksi unjuk rasa di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat ( DPR) tepat hari ini, Senin (11/4/2022) pukul 10.00 WIB.

Dilansir oleh Kompas.com, demonstrasi tersebut akan diikuti oleh 1.000 mahasiswa yang berasal dari berbagai kampus di Indonesia, khususnya dari Jakarta, Bogor, Depok, dan Tangerang.

Seluruh mahasiswa itu akan berkumpul di depan Gedung DPR untuk menyampaikan tuntutan mereka, satu di antaranya ialah wacana penundaan pemilu 2024.

Selain itu, demonstrasi tersebut juga digelar sebagai bentuk protes terkait sejumlah isu yang tengah beredar di Indonesia.

Berikut ini empat tuntutan para mahasiswa tersebut yang dilansir dari Instagram BEM SI.

Baca juga: BREAKING NEWS: Ratusan Personil Gabungan Dikerahkan dalam Aksi Demo Para Mahasiswa di Denpasar

Baca juga: SOSOK Ruslan Buton, Pecatan Kapten TNI yang Getol Tuntut Jokowi Mundur, Besok Akan Ramaikan Demo

Baca juga: Imbauan Aksi Demo 11 April Viral di Medsos, Wiranto Buka Suara: Lebih Baik Bicara di Ruangan

1. Mahasiswa mendesak dan menuntut wakil rakyat agar mendengarkan dan menyampaikan aspirasi rakyat bukan aspirasi partai.

2. Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menjemput aspirasi rakyat sebagaimana aksi massa yang telah dilakukan dari berbagai daerah dari 28 Maret 2022 sampai 11 April 2022.

3. Mahasiswa menuntut wakil rakyat untuk tidak mengkhianati konstitusi negara dengan melakukan amendemen, bersikap tegas menolak penundaan pemilu 2024 atau masa jabatan 3 periode.

4. Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menyampaikan kajian disertai 18 tuntutan mahasiswa kepada presiden yang sampai saat ini belum terjawab.

Sementara itu, awalnya aksi unjuk rasa itu akan dilakukan di depan Patung Kuda Ajuna Wiwaha yang berada di Jalan Merdeka Barat menuju ke Gedung Istana Merdeka.

Tetapi, rencana tersebut mengalami perubahan.

BEM SI melalui Luthfi Yufriza selaku Koordinator Media  BEM SI mengungkapkan titik lokasi demo pindah ke Gedung DPR karena para mahasiswa ingin menuntut anggota DPR agar taat terhadap konstitusi.

"Karena kami ingin memastikan konstitusi yang ada berjalan. Maka dari itu kami akan mengawal dari UUD dan memastikan DPR RI melaksanakan konstitusi dengan baik sesuai dengan yang sudah ada," ujar Lutfhi, dikutip dari Kompas.com, Senin (11/4/2022).

Baca juga: Ancam Mogok Tiga Hari, Demo Truk ODOL Bikin Macet Parah di Jalan Pelabuhan Gilimanuk

Baca juga: Demo Mobil PMK Baru di Jembrana, Sambil Jalan Bisa Semprotkan Air

Seruan aksi tersebut juga dibagikan melalui instagram  BEM SI.

Mereka mengajak mahasiswa untuk ikut turun ke jalan menggeruduk Gedung DPR RI.

"Geruduk rumah rakyat. Aliansi BEM SI kembali akan menggelar aksi massa yang akan dilaksanakan pada Senin (11/4/2022) pukul 10.00 WIB. Lokasi DPR RI," tulis laman instagram BEM SI.

Sumber: TribunnewsWiki
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved