Berita Badung

Jelang Lebaran, 471 Santri Asal Bali Pulang dari Banyuwangi, Tiba di Terminal Mengwi Selasa Sore

Jelang Lebaran, 471 Santri Asal Bali Pulang dari Banyuwangi, Tiba di Terminal Mengwi Selasa Sore

Tribun Bali/I Komang Agus Aryanta
Ratusan satri dari Banyuwangi saat tiba di Terminal Tipe A Mengwi Kabupaten Badung pada Selasa 19 April 2022. Jelang Lebaran, 471 Santri Asal Bali Pulang dari Banyuwangi, Tiba di Terminal Mengwi Selasa Sore 

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Jelang Lebaran, 471 Santri Asal Bali Pulang dari Banyuwangi, Tiba di Terminal Mengwi Selasa Sore.

Ratusan santri dari Pondok Pesantren Darusalam Blokagung, Tegalsari Bayuwangi tiba di Terminal Tipe A Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, Selasa 19 April 2022 sore.

Bus yang mengangkut santri itu pun tiba di terminal sekitar pukul 17.30 Wita.

Menurut informasi yang didapat ada sebanyak 471 santri yang datang dari Banyuwangi tersebut turun di Terminal Mengwi.

Santri yang turun di Terminal Mengwi tersebut merupakan santri asal Bali, seperti dari Kabupaten Badung, Kota Denpasar, Singaraja, Klungkung, Karangasem, dan Gianyar.

Dari pantauan di lokasi, untuk meminimalisir kerumunan, orangtua santri tidak diperkenankan keluar dari ruang tunggu terminal kedatangan.

Saat santri turun dari bus mereka dipanggil satu persatu untuk menemui wali santrinya.

Bahkan untuk membantu proses percepatan pemulangan santri, beberapa Banser membantu pengangkutan barang maupun pemanggilan santri saat tiba di Terminal Mengwi. 

Ketua Pemulangan Santri Pondok Pesantren Darusalam Ahmad Rizal Fahmi Rahmansyha mengakui saat ini ada sebanyak 471 santri yang dipulangkan ke Bali.

Ratusan santri itu pun dipulangkan dengan 10 kendaraan, yakni 8 bus besar, satu bus kecil, dan satu mobil.

"Kami lakukan pemulangan lebih awal, karena di sekolah liburnya 17 Ramadhan atau sebelum puasa. Sehingga saat bulan puasa santri masih melakukan ngaji, maka pemulangan dilakukan pertengahan bulan puasa," ungkapnya.

Diakui, pesantren tersebut beda dengan pesantren yang lain, pasalnya pesantren yang lain pemulangan santri dilakukan sebelum lebaran.

Namun Pondok Pesantren Darusalam memulangkan santri di pertengahan puasa.

"Jadi santri ini semua asalnya dari Bali. Bahkan untuk libur, semua diberikan libur satu bulan," jelasnya, sembari mengatakan nanti baliknya sekitar 24 atau 25 Mei 2022.

Lebih lanjut dikatakan, untuk memastikan keselamatan dan kesehatan santri, Ahmad Rizal Fahmi mengaku semua santri sudah melakukan vaksin Covid-19, rata-rata sudah dilakukan vaksin dua.

"Jadi kami berangkat dari Banyuwangi sekitar pukul 09.00 Wita, dan sampai di sini sekitar pukul 17.20 Wita. Kami semua barengan berangkatnya untuk 10 kendaraan," imbuhnya.

(*)

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved