Berita Budaya

Renungan Apara Vidya, Ilmu Tentang Keduniawian

Demikian diungkapkan Guru Mangku Hipno, dosen sekaligus praktis hipnoterapi ini kepada Tribun Bali, Senin 25 April 2022.

Penulis: AA Seri Kusniarti | Editor: Harun Ar Rasyid
Tribun Bali/AA Seri Kusniarti
Guru Mangku Hipno saat tapping Bali Sekala Niskala Tribun Bali, yang akan tayang Rabu 19 Januari 2022 pukul 18.00 WITA. Saksikanlah di YouTube Tribun Bali. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Ada sebuah istilah 'semakin banyak membaca, semakin banyak yang tidak diketahui'.

Kemudian istilah lainnya, 'semakin banyak mendengar maka semakin banyak pula yang belum diketahui'.

Ini membuktikan, bahwa tidak ada yang lebih besar dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Demikian diungkapkan Guru Mangku Hipno, dosen sekaligus praktis hipnoterapi ini kepada Tribun Bali, Senin 25 April 2022.

Secara khusus GMH, sapaannya, menjelaskan tentang renungan Apara Vidya.

"Di dalamnya bertebaran ajaran kebijaksanaan, bagaimana seseorang saling memahami dan saling menambahkan pengetahuan antara satu dengan yang lainnya," jelas dosen asal Singaraja ini.

Hal tersebut menjadi sangat penting bagi semua orang, agar pengetahuannya semakin luas. Serta bisa sadar diri, bahwa terlalu banyak hal yang belum diketahuinya. Sehingga menghindari sifat jumawa di dalam diri.

" Apara Vidya adalah pengetahuan yang menuntun manusia menuju kerendahan hati. Mengajarkan kita pengetahuan, tentang bagaimana hidup secara individu namun tetap menjaga sifat sosial dan terhindar dari rasa rendah diri," ucap ahli pengobatan Psikosomatik Anxiety ini.

Menurut Sigmun Freud, jelas dia, manusia memiliki struktur psikologis yang terdiri dari tiga elemen, yaitu id, ego, dan superego. Ketiga hal tersebut saling terpisah namun tetap saling berinteraksi.

Sigmun Freud menganalogikan ketiga elemen tersebut seperti bongkahan es, yang terlihat di permukaan hanya sebagian kecil dari seluruh elemen. Namun di dalamnya tiada yang tahu.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved