Libur Lebaran 2022

Kunjungan Wisatawan Domestik Perhari Tembus di Angka 18.594 Orang

Tingkat kunjungan wisatawan khususnya wisatawan domestik ke Bali tidak bisa di prediksi. Pasalnya jumlah kunjungan melebihi dari prediksi Ketua Perhim

Tribun Bali/I Komang Agus Aryanta
Ketua PHRI Badung I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya Ketua PHRI Badung I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Tingkat kunjungan wisatawan khususnya wisatawan domestik ke Bali tidak bisa di prediksi. Pasalnya jumlah kunjungan melebihi dari prediksi Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Badung.

Sebelumnya, PHRI Badung jumlah kunjungan diangka 13 Ribu wisatawan yang akan datang. Namun kenyataannya jumlah kunjungan wisatawan domestik mencapai 18 ribu orang per hari.

Ketua PHRI Badung I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya mengatakan dari hasil rekap data di Bandara Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada H-1 lebaran atau pada minggu 1 Mei 2022, jumlah kunjungan ke Bali mencapai 18 ribu lebih. Hal itu pun meningkat drastis dari bulan yang sama tahun sebelumnya atau 2021.

"Jadi dari hasil pendataan Posko Terpadu Monitoring Angkutan Udara Lebaran tahun 2022, jumlah kunjungan mencapai 18.594 orang per hari. Hak itu pun terjadi pada H-1 lebaran," katanya Senin 2 Mei 2022.

Diakui, jumlah kunjungan jauh dari prediksi. Kendati demikian pihaknya menduga semua itu karena pemerintah melonggarkan persyaratan saat lebaran. Termasuk libur kini lumayan lama mencapai 7 hari.

"Mungkin karena libur panjang. Namun untuk hari ini saya belum tau, tapi pasti angkanya tidak jauh dari 18 ribu juga," ucapnya.

Dijelaskan khusus untuk di Bandar Udara Ngurah Rai, tercatat ada 111 pesawat dengan 18.594 penumpang di terminal kedatangan. Namun untuk terminal keberangkatan jumlahnya diangka 8.213 penumpang.

"Jadi secara bertahap jumlah kunjungan mengalami peningkatan. Kita harap ini akan terus terjadi sampai satu pekan ini," jelasnya.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya atau tahun 2021, katanya jumlah kunjungan meningkat sebanyak 3331,92% , mengingat jumlah kunjungan pada tahun sebelumnya diangka 1.012 dengan jumlah pesawat yang mendarat sebanyak 12 pesawat.

"Begitu juga untuk keberangkatan pada terminal Domestik hanya 549 pada tahun 2021 lalu. Hal itu lebih sedikit dadi sekarang yang mencapai 8.213 penumpang," ucapnya.

Disinggung mengenai penerbangan internasional untuk wisatawan mancanegara, Rai Suryawijaya mengaku jumlahnya lebih sedikit. Pada hari kemarin pesawat internasional yang mendarat hanya 16 pesawat dengan 3.919 penumpang 

"Kalau kita bandingkan dengan tahun lalu, malah lebih bagus sekarang. Karena tahun lalu dengan hari yang sama kita nihil kunjungan internasional," imbuhnya 

Seperti diketahui, Libur panjang lebaran tahun 2022 jumlah kunjungan wisatawan ke Bali mengalami peningkatan. Bahkan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Badung mengakui tingkat kunjungan diangka 30 sampai 50 persen.

Sebelumnya PHRI memprediksi kunjungan meningkat yakni dari angka 7 ribu wisatawan per hari  menjadi 10 ribu per harinya. Kendati demikian jumlah tersebut bisa saja meningkat menjadi 13 ribu per harinya.

Junjungan wisatawan saat libur lebaran pun diakui biasanya didominasi wisatawan domestik. Bahkan banyak wisatawan yang berlibur bersama keluarganya.

"Untuk saat ini wisatawan domestik yang banyak. Kita bisa lihat terjadi penumpukan di Bandara. Termasuk juga melalui jalur darat banyak yang berlibur ke Bali," ungkapnya. (*)

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved