Berita Gianyar

PNS Bawa Sabu Diberhentikan Sementara, DPRD Minta Pemkab Gianyar Tes Urine Pegawainya

Sekda Gianyar, Made Gede Wisnu Wijaya telah memberikan tindakan untuk Ida Bagus Purnama Sidi alias Gus Lebo (44) asal Banjar Triwangsa

Tribun Bali/Dwi S
Ilustrasi Sabu - PNS Bawa Sabu Diberhentikan Sementara, DPRD Minta Pemkab Gianyar Tes Urine Pegawainya 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Sekda Gianyar, Made Gede Wisnu Wijaya telah memberikan tindakan untuk Ida Bagus Purnama Sidi alias Gus Lebo (44) asal Banjar Triwangsa, Kelurahan Bitera, Kecamatan Gianyar, Bali.

Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kesbangpol Gianyar yang ditangkap Satreskrim Polres Gianyar, karena kepemilikan sabu-sabu tersebut telah diberhentikan sementara.

"Terkait dengan ASN yang terlibat narkoba dan sudah mendapat surat penahanan polisi, kami ambil langkah tegas untuk pemberhentian sementara status kepegawaiannya sesuai PP 94/2021 tentang disiplin PNS," ujar Wisnu.

Dijelaskannya, di dalam PP 94/2021 terkait Disiplin PNS sudah jelas diatur secara tegas sanksi terhadap pelanggaran waktu masuk kerja serta wajib mematuhi etika yang berlaku di kehidupan sehari-hari yang berakibat terhadap pelanggaran kode etik PNS.

Baca juga: PNS Pemkab Gianyar Bawa Sabu, Polres Tangkap 10 Penyalahguna Narkotika

Sementara untuk gaji ASN tersebut tetap dibayarkan.

Dibayar 50 persen sesuai Pasal 281 ayat 3 pd PP 11/2017.

"Benar masih dapat sesuai PP (Peraturan Pemerintah), karena masih status dalam praduga tak bersalah, sebelum keputusan inkracht," ujarnya.

Kata Wisnu, pemberhentian Gus Lebo secara permanen sebagai PNS hanya bisa dilakukan setelah adanya kekuatan hukum tetap dari pengadilan.

"Setelah mendapatkan keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap (inkracht) kami akan lakukan pemberhentian sebagai PNS. Namun selama proses peradilan kami tetap menganut azas paraduga tidak bersalah," tandasnya.

Pihaknya mengimbau PNS atau ASN di lingkungan Pemkab Gianyar agar tidak main-main dengan narkotika.

Sebab, selain merugikan diri sendiri, juga merupakan musuh negara.

"Kepada seluruh ASN di lingkungan Pemkab Gianyar saya mengimbau agar menjauhi perbuatan yang melanggar hukum, apalagi narkotika yang merupakan kejahatan luar biasa (extra ordinary crime)," tegasnya.

Selain mengimbau, pihaknya pun berinisiatif untuk dilakukan test urin massal untuk pegawai di lingkungan Pemkab Gianyar.

Namun dalam hal ini, pihaknya harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan Bupati Gianyar, Made Mahayastra.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved