Berita Nasional

Ribuan Pelayat Antar Mendiang Buya Syafii, Sempat Minta Foto Bersama Ganjar saat Dijenguk

Ribuan pelayat dari berbagai kalangan memadati Masjid Gedhe Kauman, Kota Yogyakarta, untuk mengantarkan jenazah Syafii Maarif

Tribunjogja.com/Miftahul Huda
Jenazah Buya Syafii Maarif tiba di masjid Gedhe Kauman, Jumat 27 Mei 2022 

TRIBUN-BALI.COM, YOGYAKARTA - Ribuan pelayat dari berbagai kalangan memadati Masjid Gedhe Kauman, Kota Yogyakarta, untuk mengantarkan jenazah Syafii Maarif menuju peristirahatan terakhirnya.

Jenazah mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah tersebut tiba di Masjid Gedhe Kauman, Kota Yogyakarta, sekitar pukul 11.39 WIB.

Buya Syafii disalatkan lebih dahulu selepas ibadah salat Jumat.

"Jenazah Buya sudah tiba di Kauman. Nanti setelah ibadah Jumat akan disalatkan di sini, sebelum diberangkatkan ke pemakaman di Kulonprogo," kata Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Azman Latif.

Baca juga: BERIKUT Riwayat Karir Buya Syafii Maarif, Pemikir Islam di Indonesia itu Berpulang

Di antara para pelayat tersebut tampak beberapa tokoh nasional, satu di antaranya Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang terlihat datang seorang diri.

Ganjar terpantau tiba di masjid Gedhe Kauman sesaat setelah jenazah almarhum Buya Syafii tiba di masjid Gedhe.

Seusai melangsungkan salat Jumat, Ganjar turut memberikan penghormatan terakhir kepada Buya Syafii dengan ikut menyalatkan jenazah almarhum.

"Malam Minggu (22 Mei 2022) lalu saya menengok beliau ke bangsalnya. Beliau menceritakan kondisi pengobatanya. Saya tidak melihat beliau kesakitan, meski agak tersengal napasnya," kata Ganjar.

Dia menjelaskan, meski bernapas menggunakan selang oksigen, tetapi Buya Syafii saat itu tetap bersemangat.

Ketika dirinya izin untuk pamit, kala itu Buya Syafii meminta agar berfoto bersama dengan orang nomor satu di Jateng tersebut.

"Sebelum pulang, foto dulu sama pak Ganjar, begitu kata beliau. Luar biasa, dan foto itu saya simpan," ungkap Ganjar.

Sosok Buya Syafii di mata Ganjar adalah bapak bangsa yang ngayomi dan ngayemi (mengayomi dan membuat tenteram).

"Penuh pemikiran intelek. Saya masih ingat waktu ngobrol beberapa tahun lalu terus saya kasih buku. Pak Ganjar masih sempat nulis? Tanya beliau. Saya dikasih petunjuk beliau. Jadi kalau dengan anak muda, beliau selalu memberikan semangat dan ide," ungkap Ganjar.

Selain Ganjar Pranowo, tokoh lain yang telah hadir di tempat persemayaman Buya Syafii antara lain Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Menkopolhukam Mahfud MD.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved