Berita Nasional

Kevin Wu Ingin Beri Pelajaran Soal Meme Mirip Jokowi, Roy Suryo Tetap Dilaporkan Polisi

Meski sudah mengklarifikasi dan meminta maaf, Ketua Umum DPP Dharmapala Nusantara, Kevin Wu menegaskan tak akan mengurungkan niat melaporkan Roy Suryo

KOMPAS.com/ WIJAYA KUSUMA
Dharmapala Nusantara tak akan mengurungkan niat melaporkan Roy Suryo ke polisi terkait unggahan meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip Jokowi. 

TRIBUN-BALI.COM - Roy Suryo dianggap bertanggung jawab terkait penyebaran konten meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden Joko Widodo.

Pakar telematika itu meminta maaf atas unggahannya. Roy Suryo dituding menyebarkan meme itu di akun Twitter @KRMTRoySuryo2 dan dinilai melecehkan agama Budha.

Ketua Umum DPP Dharmapala Nusantara, Kevin Wu menegaskan tak akan mengurungkan niat melaporkan Roy Suryo meski ia sudah mengklarifikasi dan meminta maaf,

Roy Suryo dilaporkan ke Polda Metro Jaya.

"Saya sudah membaca pemberitaan jika Roy Suryo minta maaf. Rencana kami masih on schedule untuk lapor Roy ke Polda siang ini," ujar Kevin Wu, Jumat 17 Juni 2022.

Baca juga: Roy Suryo Minta Maaf dan Polisikan Penggunggah Pertama Meme Stupa Borobudur Mirip Jokowi

Kevin Wu mengapresiasi permintaan maaf Roy Suryo atas kontroversi cuitan tersebut.

Namun, Kevin menganggap permintaan maaf bukan menjadi fokus tuntutannya.

Ia menilai permintaan maaf Roy hanya sebatas bentuk itikad baik atas polemik ini.

Kevin Wu menyebut pelaporannya bukan semata-mata untuk kepentingan umat Buddha, melainkan agar menjadi pembelajaran bagi semua pihak untuk lebih saling menghormati dan tidak menjadikan simbol agama sebagai bahan ejekan.

"Jadi laporan saya nanti bukan hanya untuk kepentingan umat Budha. Sebab kalau dibiarkan akan bahaya, terlebih menjelang tahun depan itu tahun politik, janganlah lagi kita menggunakan politik identitas agama," kata Kevin.

Sebelumnya, stupa Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi) viral di media sosial.

Gambar tersebut kemudian diukutip mantan politikus Partai Demokrat, Roy Suryo, melalui akun media sosialnya.

Meski sudah menghapus dan melakukan klarifikasi, namun Roy akan dilaporkan ke polisi karena dianggap ikut menyebar foto melalui media sosial.

Pelapor itu adalah Ketua Umum Dharmapala Nusantara, Kevin Wu. Ia akan melaporkan akun Twitter @KRMTRoySuryo2 yang diketahui milik Roy Suryo Jumat 17 Juni 2022.

Di samping itu, Kevin juga akan melaporkan orang yang mengedit foto tersebut. Namun, belum diketahui siapa pengedit foto hingga akhirnya tersebar luas di media sosial.

"Yang akan kita laporkan itu ada dua pihak. Yang pertama yang diduga mengedit lalu juga yang menyebarluaskan.

Jadi ada dua pihak sepertinya. Kami akan melaporkan akun RoySuryo2, KRMTRoySuryo2. Pemilik akun itu," kata Kevin. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Meski Sudah Minta Maaf, Dharmapala Nusantara Tetap Polisikan Roy Suryo ke Polda.

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved