Human Interest Story

KISAH Inspiratif Letkol Inf Teguh, Putra Pedagang Es di Gilimanuk Kini Jabat Dandim 1617/Jembrana

Letkol Inf Teguh, Putra Pedagang Es di Gilimanuk Kini Jabat Dandim 1617/Jembrana, Pernah Jual Koran Hingga Tukang Semir Sepatu

Tribun Bali/Adrian Amurwonegoro
Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf Teguh Dwi Raharja 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Letkol Inf Teguh Dwi Raharja resmi menjabat Komandan Kodim 1617/Jembrana dan melepas jabatan Komandan Batalyon Infanteri Raider 900/Satya Bhakti Wirottama.

Dengan jabatan baru sebagai Dandim 1617/Jembrana, Letkol Teguh bakal bertugas di kampung halamannya. Ia pun dinilai menguasai wilayah Jembrana untuk menciptakan inovasi dan kreasi sebagaimana target dari Danrem 163/Wira Satya, Brigjen TNI Choirul Anam.

"Petunjuk arahan Danrem Wira Satya diperbuat Dandim lama akan kami lanjutkan terus, apa- apa yang baik saya teruskan, serta membuat imivasi-inovasi baru," kata Letkol Teguh saat dijumpai usai Sertijab di Makorem 163/Wira Satya, Denpasar, Bali, pada Senin 20 Juni 2022.

Kepada Tribun Bali, Letkol Teguh pun bercerita mengenai kisah masa kecilnya yang hidup keras di Gilimanuk. Ia merupakan anak seorang pedagang es di Gilimanuk.

"Anak seorang pedagang es campur di Gilimanuk bisa memimpin Kodim1617/Jembrana. Kami rasa kemarin tidak mungkin, dan sekarang memimpin di daerah tanah kelahiran saya, membanggakan kedua orang tua saya yang saat ini hadir juga, seorang pedagang es, anaknya menjadi Dandim," kata Teguh dengan penuh rasa bangga.

Letkol Teguh mengaku memiliki semangat tinggi meraih cita-cita sebagai seorang TNI karena terbiasa hidup di tengah-tengah masyarakat menengah ke bawah.

Bahkan Teguh menuturkan saat usia sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas hidupnya penuh dengan garis perjuangan.

"Saya usia - usia SD, SMP, SMA itu besar perjuangannya, dari jualan koran, ngamen, ngojek, hingga jadi tukang semir sepatu pernah saya jalani," ungkap perwira menengah TNI alumnus Ilmu Administrasi Negara FISIP Umiversitas Merdeka Malang dan telah menyelesaikan pendidikan S2 di Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi itu.

Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf Teguh Dwi Raharja
Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf Teguh Dwi Raharja

Baca juga: KISAH Letkol Inf Teguh, Putra Pedagang Es Campur Nikahi Putri Ketua Komisi IV DPRD Buleleng Bali

Teguh pun sudah berencana mengumpulkan segenap rekan masa perjuangannya untuk hadir di acaranya di Markas Kodim 1617/Jembrana

Belum lama ini teguh juga mempersunting Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Buleleng, Luh Hesti Ranitasari, SE, MM.

Tanggal cantik 22/01/2022 ini pun dipilih menjadi moment hari bahagia putra dari Agustoni dan Bibit Lestari serta putri dari almarhum Wayan Budasari dan Siswati Christian itu.

Sang istri pun kini tampak setia mendampingi Teguh dalam berbagai kegiatan termasuk Sertijab di Makorem 163/WSA hari ini.

Teguh yang merupakan putra asli daerah Bali asal Gilimanuk adalah mantan Komandan Batalyon Infanteri Raider 900/SBW, dan baru kali ini putra daerah Bali menjadi Danyonif Raider 900.

"Saya berasal dari orang biasa, putra dari Bapak Agus seorang pedagang es campur di samping Pasar Gilimanuk, saya sangat bersyukur masuk Akademi Militer," tutur Letkol Inf Teguh.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Berita Terkait :#Human Interest Story
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved