Berita Badung

Terkendala Anggaran Taman Bung Karno yang Diimpikan Bupati Giri Prasta Belum Terwujud

Terkendala Anggaran Taman Bung Karno Yang Diimpikan Giri Prasta Belum Terwujud

Tribun Bali
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta meninjau  lokasi Taman Bung Karno yang berlokasi di Desa Penarungan pada Selasa 28 Juni 2022. 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dari dulu mengimpikan untuk membangun Taman Bung Karno. Hanya saja sampai tahun 2022 ini bisa terealisasi karena terkendala anggaran.

Kendati demikian kabarnya, pada APBD tahun 2022 ini akan dilanjutkan pembebasan lahan.

Pasalnya untuk taman bung karno menggunakan lahan seluas 5 hektare.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta pun langsung meninjau  lokasi Taman Bung Karno tersebut sekaligus lahan untuk TPST 3R yang berlokasi di Desa Penarungan pada Selasa 28 Juni 2022.

Baca juga: Beberapa Pengunjung PKB Alami Sakit Perut, Kadisbud Bali Angkat Bicara

Pada peninjauan tersebut turut hadir Wakil Ketua I DPRD Badung I Wayan Suyasa,
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR)  IB Surya Suamba serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) I Made Puja.

Pada kesempatan itu, Kadis PUPR dan DLHK sempat memberikan penjelasan singkat, mengenai masterplan Taman Bung Karno serta TPST 3R Desa Penarungan yang rencananya akan di bangun.

Bupati Giri Prasta menjelaskan bangunan utama pada Taman Bung Karno adalah Patung Bung Karno yang berukuran besar akan berada di atas globe. 

"Mengapa Bung Karno berdiri diatas globe, karena Bung Karno sudah mendunia," kata Giri Prasta

Dikawasan tersebut juga akan dibangun diorama mengenai kisah perjalanan dan perjuangan Bung Karno. UMKM juga akan diberdayakan, dengan didirikannya stand kuliner.

Taman Bung Karno seluas 5 hektar ini lanjut Giri Prasta akan menjadi obyek wisata sejarah dan edukasi, untuk mengetahui bagaimana perjuangan Bung Karno sebagai Proklamator dan Bapak Bangsa. Termasuk sepak terjangnya dikancah dunia internasional. 

Baca juga: Bali Belum Terapkan Aplikasi PeduliLindungi Untuk Beli Migor Curah

"Astungkara bisa segera terealisasi, kita menyesuaikan dengan kondisi anggaran," katanya. 

Sedangkan untuk TPST 3R dibangun diatas lahan seluas 10 are, dan pematangan lahannya dimulai hari ini. 

Secara terpisah Kadis PUPR IB Surya Suamba menjelaskan, untuk tambahan pembebasan lahan Taman Bung Karno sedang dilakukan kajian sesuai kebutuhan.

"Untuk pembebasan lahan sisa akan dilakukan dalam anggaran perubahan ini, untuk luasnya sedang kita data sesuai arahan Bapak Bupati,"ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved