Human Interest Story

Cerita Karier Sepak Bola Kadek Arel, Berawal Dari Ultah Minta Dikado Sekolah Sepak Bola

Cerita Karier Sepak Bola Kadek Arel, Berawal Dari Ultah Minta Dikado Sekolah Sepak Bola, Dukungan Ayah Mengalir Penuh

ist
Kadek Arel 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kadek Arel Priyatna, menjadi putra daerah Bali yang berhasil menembus Timnas U-19 Piala AFF 2022, yang Sabtu 2 Juli 2022 malam nanti berlaga melawan Timnas Vietnam.

Kadek Arel diprediksi menjadi starter pilihan Coach Shin Tae-yong untuk nengawal lini belakang Timnas pada laga yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi itu.

Dari Bali, dukungan penuh mengalir untuk bek tengah kelahiran Denpasar 4 April 2005 itu, sang ayah, memiliki peran penting dalam kemajuan karier Arel dalam dunia si kulit bundar.

Dalam wawancara eksklusif dengan Tribun Bali, menjelang pertandingan Timnas melawan Vietnam, Made Pariasa, ayah dari Kadek Arel menuturkan awal mula perjalanan Kadek Arel menggeluti sepak bola.

"Kami bukan berangkat dari keluarga yang bukan menggeluti sepak bola, Arel dari kecil ingin masuk sekolah sepak bola, tapi saya awam tidak tahu Sekolah Sepak Bola (SSB) di mana, akhirnya pas Kadek Arel kelas 3 sekolah dasar, pas ulang tahun saya tanya dia minta hadiah apa, dia minta disekolahin sepak bola, saya langsung berusaha mencari informasi tanya sana sini lalu mendapat referensi SSB Guntur, itu yang menjadi SSB pertama Kadek Arel," papar Made Pariasa.

Dukungan penuh mengalir dari sang ayah, yang setelah melihat perkembangan Kadek Arel, Made Pariasa malah mendirikan sekolah sepak bola bernama Paradise Football Academy yang bermarkas di Bali Beach Sanur dan sekarang pindah markas di Abianbase karena di Sanur dibangun rumah sakit internasional.

"Dengan mendirikan SSB ini, saya bisa mengontrol perkembangan dan kondisi Arel, memberikan pelatihan yang lebih baik, mental, skill semua dikontrol," ujar dia.

Baca juga: Bek Bali United Youth Kadek Arel ke Korea Selatan

Memasuki usia 11 tahun, Made Pariasa kemudian mengikutkan Kadek Arel ke ajang-ajang turnamen sepakbola di luar Bali, seperti kompetisi Top Skor yang digelar Bung Yuke di Jakarta hingga ke Barcelona, Spanyol.

Setelah itu, Kadek Arel dipanggil untuk Timnas pelajar, sedangkan di Bali United Youth Kadek Arel saat itu usianya belum mencapai tapi karena sebelumnya telah mengikuti Timnas pelajar sehingga otomatis mendapatkan kesempatan seleksi dan lolos masuk Bali United Youth hingga saat ini Kadek Arel berhasil menembus Timnas U-19 Piala AFF dibawah asuhan Shin Tae-yong.

"Saya bersyukur dukungan semua pihak, bukan saya sendiri, tapi juga dari para pelatih sangat memegang peranan, pelatih di timnas, dulu U-16, di samping itu juga komunikasi intens antara pemain, orang tua dan pelatih apa yang menjadi keurangan terhadap anak, setiap selesai pemusatan latihan saya minta PR kekurangan biar bisa kami latih di sini kekurangannya," ungkapnya.

Kadek Arel, Wonderkid dari Pulau Dewata anak kedua dari dua bersaudara, adik dari Putu Adelia, putra pasangan Made Pariasa dan Ketut Rai itu kini sedang berjuang bersama Timnas U-19 di Piala AFF dan putra asal Bali penggemar Steven Gerrard dan Gerard Pique hingga membeli buku Biografinya itu, memiliki ambisi menembus Timnas U-20 untuk Piala Dunia U-20 tahun 2023 mendatang.

"Persaingan pasti ketat sekali, Kadek termasuk anak paling muda di sana dari segi usia, masalah optimis kita dan Kadek sendiri optimis berjuang apa yang menjadi target menembus skuat piala dunia nanti, harapan kita masuk, Kadek harus tetap bekerja lebih keras lagi apa yang menjadi kekurangan, karena di Timnas persaingan itu per hari bukan tiap bulan, tiap tahun, tapi tiap hari ada persaingan berkompetisi setiap saat," bebernya.

Dibawah asuhan Shin Tae-yong, mengikuti pemusatan latihan Timnas, pemain yang kini berusia 17 tahun ini ditempa dan digenjot begitu keras dari segi individul maupun tim fisik dan mental Kadek kimi jauh lebih matang.

Kontrak Dengan Agen Dusan Bogdanovic

Bermodal skill, mental dan ditunjang postur tubuh setinggi 185 centimeter, keluarga Kadek Arel memiliki harapan Kadek bisa berkarier di luar negeri. Kadek Arel sendiri saat ini sudah dipegang oleh agen ternama, Dusan Bogdanovic yang mempromosikan Egy Maulana Fikri.

"Untuk pendidikan, sekolah mendukung, ini kan tugas negara, dan bisa melakukan pembelajaran jarak jauh, harapan kami Kadek bisa fokus di sepak bola dan menjadi pemain profesional, berkarakter, memiliki attitude yang baik, dan bisa bermain level tertinggi, bermain di luar negeri, di Asia paling tidak bisa di Jepang atau Korea, sgukur-syukur di Eropa, kalau di Indonesia ya harus di Liga 1," papar ayah Kadek Arel yang berasal dari Buleleng itu.

"Kebetulan dipegang sama agen Dusan, agennya Egy Maulana, kemarin sudah dikontrak, mudah-mudahan lebih bagus, meningkatkan kualitas biar bisa main di luar negeri, postur mendukung usia sekarang tinggi 185 cm cukup bagus," pungkas Made yang selain memiliki SSB juga menggeluti dunia usaha property dan tour and travel itu. (*)

BERITA LAINNYA

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persija Jakarta
    22
    13
    5
    4
    31
    11
    13
    44
    2
    Persib
    20
    13
    3
    4
    35
    25
    8
    42
    3
    PSM Makasar
    21
    11
    8
    2
    38
    8
    21
    41
    4
    Madura United
    22
    11
    4
    7
    27
    14
    6
    37
    5
    Borneo
    21
    10
    6
    5
    38
    18
    15
    36
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved