Berita Gianyar

Persiapan Pemilu 2024, Bupati Gianyar Telah Ajukan Proposal Anggaran

Bupati Gianyar, Made Mahayastra mengungkapkan saat ini, penyelenggara telah mengajukan proposal anggaran untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Tribun Bali/I Wayan Eri Gunarta
Bupati Gianyar, Made Mahayastra. 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Bupati Gianyar, Made Mahayastra mengungkapkan saat ini, penyelenggara telah mengajukan proposal anggaran untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Mulai dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gianyar dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Dia menjelaskan pada Jumat 1 Juli 2022, bahwa anggaran tersebut telah dipasang di APBD Induk dan Perubahan 2023. Yakni sebesar Rp 30 miliar untuk Bawaslu dan Rp 40 miliar untuk KPU.

Bupati Gianyar, Made Mahayastra.
Bupati Gianyar, Made Mahayastra. (Tribun Bali/I Wayan Eri Gunarta)

Dia mengatakan, anggaran yang dipasang ini sesuai dengan proposal yang diajukan oleh KPU Gianyar dan Bawaslu Gianyar. "Proposal dana Pemilu 2024 sudah masuk. Anggarannya di perubahaan plus induk 2023. Untuk tahun 2023 diawal KPU dapat anggaran Rp 30 miliar, di tahun 2024 dipasang lagi Rp 40 miliar,"

"Totalnya sesuai proposal, tidak saya potong. Kalau KPU proposalnya 70 miliar kita kasi semua. Kalau Bawaslu proposalnya Rp 15 miliar kita kasi semua, cuma dalam 2 tahun anggaran sekarang kan bikin dana cadangan," tandasnya.

Ketua KPU Gianyar, Putu Agus Tirta Suguna, mengatakan, pihaknya telah melakukan kegiatan untuk Pemilu 2024 sejak 14 Juni 2022. Dimana, pihaknya mengawali dengan penguatan kelembagaan dan SDM.

"Bulan Februari 2023 kita melihat perkiraan cuaca akan sering hujan. Sehingga kita perlu antisipasi gudang yang kita gunakan untuk seting logistik dan juga proses distribusi logistik. Masih kita survei," ujar Suguna.

Baca juga: Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Bupati Gianyar Kaget Dengar Kabar Duka

Suguna mengatakan, dengan dimulainya tahapan pemilu, saat ini tidak ada waktu lenggang bagi komisioner dan jajaran. "Tahapan sudah mulai, seluruh jajaran KPU tidak lagi ada istilah hari kalender. Tidak kenal tanggal merah, semua kerja," ujarnya.

Terkait pemilihan umum, pada 29 Juni hingga 12 Desember 2022, merupakan jadwal pendaftaran dan verifikasi partai politik untuk Pileg Gianyar. Suguna menduga, jumlah parpol peserta Pileg Gianyar akan mengalami penambahan. Dimana tahun 2019 lalu, jumlah parpol yang ikut sebanyak 13 parpol. (*)

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved