Sponsored Content

Pengusaha Kecil di Jakarta Lebih Memilih Berdagang daripada Bidang Usaha Lainnya

Berdasarkan hasil penelitian tim kasir digital atau online Posy, 37% dari seluruh pengusaha kecil atau UMKM di Jakarta menjalankan usaha perdagangan b

Editor: Harun Ar Rasyid
istimewa
Pengusaha Kecil di Jakarta Lebih Memilih Berdagang daripada Bidang Usaha Lainnya 

TRIBUN-BALI.COM - Berdasarkan hasil penelitian tim kasir digital atau online Posy, 37 % dari seluruh pengusaha kecil atau UMKM di Jakarta menjalankan usaha perdagangan baik grosir maupun ecer, 30 % menjalankan usaha katering dan restoran, dan 7 % membuka jasa pengiriman.

Di antara semua usaha di Jakarta, persentase usaha mikro adalah 98,78 % .

Persentase sektor UMKM ini begitu tinggi karena beberapa faktor, diantaranya yaitu kepedulian pemerintah daerah terhadap sektor UMKM dan kondisi yang mendukung perkembangan di wilayah terpadat di Indonesia ini.

Pada tahun 2021, pemerintah mengalokasikan 744,7 triliun rupiah ($51,8 miliar) untuk melawan Covid-19 dan program pemulihan ekonomi.

Dari anggaran tersebut, Rp 162,4 triliun digunakan untuk membantu UMKM dan koperasi, termasuk dengan pemberian bantuan modal kerja.

Baca juga: TANGIS DEWI PERSSIK Pecah! Saat Bertemu ANGGA Wijaya

Selama beberapa bulan terakhir, tim penjualan kasir online Posy telah mengunjungi lebih dari 17.000 gerai. Dari jumlah tersebut, 77,4 % UMKM dijalankan oleh pemiliknya sendiri, dan hanya 22,6 % yang memiliki beberapa pegawai.

Sejak diluncurkan pada akhir tahun 2021, lebih dari 5.000 pengusaha kecil telah terdaftar di Posy. Fitur-fitur kasir online ini membantu mengelola pembayaran, memantau penjualan untuk pemilik, akuntansi penjualan, dan analitik. Pada bulan ini, Posy akan menambahkan sejumlah pembaruan yang akan mempengaruhi digitalisasi UMKM di tanah air, dan akan menghasilkan peningkatan efisiensi bisnis dan transparansi untuk pemilik.

Selain dapat memantau penjualan dan saldo, pengusaha kecil akan memiliki kesempatan untuk memantau transaksi per hari, per minggu, dan per bulan. Dan juga mencatat data pelanggan tetap dan memberi mereka alat promosi menggunakan modul program loyalitas.

Kasir online Posy akan memproses pembayaran QRIS di perangkat Android dengan versi di atas 5.0. Pembaruan yang paling ditunggu para pemilik UMKM adalah marketplace PPOB.

Sekarang setiap pengusaha yang menggunakan aplikasi kasir online Posy juga dapat menggunakan fitur built-in PPOB dan menawarkan pelanggannya layanan pembayaran barang digital, seperti pembelian data Internet atau komunikasi seluler, serta tagihan listrik dan air. Opsi ini akan memungkinkan pemilik usaha kecil untuk menarik lebih banyak pelanggan, guna meningkatkan pendapatan.

Posy adalah salah satu proyek dari perusahaan Venture builder PVG Indonesia yang didirikan oleh Vlad Ayukaev pada tahun 2020.

PVG menciptakan produk finansial sendiri dengan memfokuskan pada digitalisasi UMKM dan seluruh perekonomian Indonesia. Selain Posy, PVG sedang mengembangkan sistem pembayaran Klikoo B2B di Indonesia, yang akan menyatukan lebih dari 10.000 pedagang dan mitranya.

Vlad Ayukaev, Direktur Utama Pintar Ventura Group:

“Misi utama kami adalah membuat layanan keuangan lebih efisien dan tepat sasaran sehingga setiap pengusaha di Indonesia bisa terlibat dalam sistem finansial, mengelola keuangannya dan menemukan visi baru untuk mengembangkan usahanya.

Ekaterina Fedyuk
Senior PR-manager
Email: k.fedyuk.rassvet@gmail.com
Phone number: +62082146399946

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved