Berita Denpasar

GMNI dan FH Unud Gelar Seminar Kepemiluan: Tegaskan Mahasiswa-Pemuda Siap Mengawal Pemilu 2024

Kontestasi pemilu menjadi wadah penting untuk menegakan demokrasi, dengan menggandeng generasi milenial sebagai agent of change.

Rilis Media GMNI
GMNI dan FH Unud Gelar Seminar Kepemiluan 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - DPC GMNI Denpasar'> GMNI Denpasar bersama Fakultas Hukum Universitas Udayana menggelar Seminar Nasional Kepemiluan bertempat di Aula Fakultas Hukum Universitas Udayana, Rabu, (6/07/2022).

Mengangkat tema Peran Generasi Milenial Dalam Pemilu Tahun 2024, seminar tersebut dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Udayana, Dr. Putu Gede Arya Sumertha Yasa, SH.,M.Hum

Baca juga: GMNI Apresiasi Pemprov Bali Berhasil Perjuangkan Kebijakan Wisatawan Masuk Bali Tanpa Karantina

Baca juga: Konsisten Kritik Regulasi Retribusi Kintamani, GMNI Hukum Unud Datangi Bupati Bangli

Dirinya menyampaikan, peran mahasiswa dan pemuda untuk menyongsong Pemilu 2024 sangatlah vital, maka dari memang melalui kegiatan-kegiatan seperti inilah untuk mengingatkan kembali tugas dari generasi penerus bangsa.

Selain itu, Ia mengapresiasi kerjasama yang terjalin antara FH Unud dengan GMNI ini.

“Saya mengapresiasi GMNI bekerjasama dengan FH unud, baru pertama kali semenjak pandemi seminar nasional offline mengundang pembicara nasional hadir langsung di kampus kami, kami siap memfasilitasi dan kedepan bisa terus bekerjasama dengan GMNI” ucap dekan yang berasal dari Buleleng tersebut.

Dalam acara tersebut, narasumber yang hadir adalah Totok Hariyono selaku Komisioner Bawaslu RI, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi selaku Komisioner KPU RI (2020-2022), I Dewa Agung Gede Lidartawan selaku KPU Provinsi Bali, dan I Putu Chandra Riantama selaku Ketua DPC GMNI Denpasar'> GMNI Denpasar

Diskusi ini dipandu oleh kordinator mahasiwa S2 ilmu hukum FH Unud, Gede Druvananda Abhiseka.

Selain itu, helatan ini turut mengundang KPU dan Bawaslu se-Bali.

Komisioner Bawaslu RI, Totok Hariyono menyampaikan bahwa, pemilu 2024 ini adalah momentum untuk generasi muda utuk berkontribusi secara nyata membangun bangsa melalui proses pemilu ini.

Entah itu keterlibatan dalam tahapan pemilu maupun pendidikan politik kepada masyarakat luas

Baca juga: Konsisten Kritik Regulasi Retribusi Kintamani, GMNI Hukum Unud Datangi Bupati Bangli

“Saya bangga, bisa berada ditengah tengah orang- orang hebat, peran pemuda dalam Pemilu nantinya, harus adanya keterwakilan yang dimna mampu mendorong generasi penerus lebih peduli terhadap demokrasi kedepannya”, tegas Totok

Sementara itu, komisioner KPU Bali I Dewa Gede Agung Lidartawan mengapresiasi GMNI yang menyelanggarakan helatan ini.

Ia menilai forum-forum seperti inilah yang harus diperbanyak agar sosialisasi dan edukasi politik dan demokrasi berjalan lu

“Nanti tahapan pemilu segera dibuka, maka para generasi muda inilah yang harus terlibat, isi ruang-ruang tersebut, itu adalah bagian anda dalam berperan untuk kesuksesan pemilu secara langsung dengan terlibat aktif dan KPU Bali berkomitmen untuk mengajak kepada generasi millenial untuk ikut serta," ucap Lidartawan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved