Berita Nasional

Jokowi Haruskan Pakai Masker Lagi Setelah 54 Hari Izinkan Lepas di Luar Ruangan

Arahan presiden berubah sejak 54 hari lalu mengumumkan terkait pelonggaran pengguanan masker.

Istimewa
ILUSTRASI - Jokowi kembali mengharusakan pengguanaan masker di luar ruangan karena pandemi belum Covid-19 berlalu. Sebelumnya Jokowi izinkan lepas masker di luar ruangan. 

TRIBUN-BALI.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan Pandemi Covid-19 belum berlalu.

Dengan itu Jokowi haruskan pakai masker di luar ruangan. Sebelumnya Jokowi izinkan lepas masker di luar ruangan.

Arahan presiden berubah sejak 54 hari lalu mengumumkan terkait pelonggaran pengguanan masker.

“Saya juga Ingin mengingatkan kepada kita semua, Covid-19 masih ada. Oleh sebab baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan memakai masker adalah masih sebuah keharusan,” kata Jokowi di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu 10 Juli 2022.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga mengingatkan agar TNI, Polri, dan pemerintah daerah terus genjot vaksinasi booster. Utamanya untuk wilayah yang interaksinya tinggi seperti ibu kota.

Baca juga: LEPAS Masker! Bupati Tamba: Saya Tidak Instruksikan Lepas, Kalau Tetap Melepas Ya Tidak Apa!

“Saya masih mengingat lagi pemerintah daerah, pemerintah kita kabupaten dan provinsi serta TNI Porli untuk terus melakukan vaksinasi booster karena memang ini diperlukan,” pungkas Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi akhirnya memutuskan kelonggaran dalam kebijakan pemakaian masker.

Dengan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia yang semakin terkendali, Jokowi memperbolehkan masyarakat untuk melepas masker.

Namun hanya diperbolehkan jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan, atau area terbuka yang tidak padat orang.

Selanjutnya untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik, masyarakat tetap harus menggunakan masker.

“Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker."

"Namun untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker,” kata Jokowi dilansir laman resmi Setkab.go.id, Selasa 17 Mei 2022.

Jokowi juga meminta masyarakat dengan kategori rentan maupun yang bergejala batuk pilek untuk tetap menggunakan masker saat beraktivitas.

“Bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia atau memiliki penyakit komorbid, maka saya tetap menyarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas."

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Berita Terkait :#Berita Nasional
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved