Berita Badung

Hujan Deras Guyur Badung, Beberapa Lokasi di Badung Bali Banjir

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Badung pada Senin 11 Juli 2022, menyebabkan terjadi banjir di beberapa lokasi.

istimewa
Kondisi banjir di Wilayah Banjar Gunung, Abiansemal Badung pada Senin 11 Juli 2022 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Badung pada Senin 11 Juli 2022, menyebabkan terjadi banjir di beberapa lokasi.

Kondisi air yang menutupi jalan itu juga ramai di beberapa akun media sosial dengan tinggi dibawah lutut orang dewasa.

Menurut informasi yang didapat beberapa lokasi banjir terjadi di Kecamatan Abiansemal, seperti di Banjar Gunung dan Banjar Keraman. Begitu juga di Banjar Guming Penarungan Mengwi.

Tidak ada korban pada peristiwa banjar, namun besar dugaan banjir terjadi karena debit air yang sangat besar dengan kondisi gorong-gorong yang kecil.

Kondisi banjir di Wilayah Banjar Gunung, Abiansemal Badung pada Senin 11 Juli 2022
Kondisi banjir di Wilayah Banjar Gunung, Abiansemal Badung pada Senin 11 Juli 2022 (istimewa)

Baca juga: INILAH Penyebab Banjir di Banjar Gunung Abiansemal Badung, Gorong-Gorong Tersumbat Sampah

Hujan lebat di Kabupaten Badung terjadi pada pukul 02.00 wita dinihari. Bahkan hujan sampai pagi masih terjadi sehingga debit air besar. Selain itu juga terdapat sumbatan gorong-gorong yang mengakibatkan air meluap.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Badung Ketut Murdika tak menampik hal tersebut. Pihaknya mengaku sudah mendengar informasi terkait banjir di beberapa wilayah di Badung salah satunya di Banjar Gunung, Abiansemal.

"Iya informasi yang masuk di banjar Gunung Abiansemal. Namun tidak sampai besar sekali, atau masuk ke rumah warga," katanya saat dikonfirmasi.

Pihaknya mengaku, kondisi banjir tersebut memang sering terjadi setiap hujan lebat. Pasalnya saat hujan debit air sangat besar, sehingga saluran air tidak bisa menampung.

"Selain itu gorong-gorong juga kecil, belum lagi ada sampah. Sehingga mengakibatkan air meluap," jelasnya.

Kendati belum ada laporan resmi, pihaknya mengaku sudah menurunkan tim untuk memantau titik-titik banjir di lapangan. Sehingga bisa di atensi lebih cepat.

"Tim sudah kita turunkan, sehingga bisa langsung ditangani, apa sebenarnya penyebab banjir tersebut," jelasnya.

Namun di bagian lain, juga terjadi hal serupa. Akibat hujan lebay banjir terjadi di Banjar Keraman, Abiansemal. Besar dugaan semua banjir terjadi akibat gorong-gorong mampet karena terdapat sampah.

"Meski demikian, kita tetap menghimbau kepada masyarakat untuk membersihkan lingkungan, agar terhindar dari banjir. Biasanya jika air lancar, air pun surut dengan sendirinya," imbuh Murdika. (*)

BERITA LAINNYA

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved