Berita Tabanan

Hujan Deras Mulai Dini Hari Hingga Pagi, Tiga Pohon Tumbang Hingga Longsor di Tabanan

Hujan Deras Dari Dini Hari Hingga Pagi, Tiga Pohon Tunbang Hingga Longsor di Tabanan

istimewa
Pohon tumbang dan longsor yang terjadi di Tabanan, Selasa 12 Juli 2022. (ist). 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN- Hujan deras mengguyur kabupaten Tabanan sejak dini hari Selasa 12 Juli 2022 hingga pagi tadi. Bahkan pada siang hingga sore sesekali hujan mengguyur reda kemudian hujan kembali.

Cuaca cerah terjadi hanya pada sore menjelang malam di Tabanan.

Namun, akibat guyuran hujan deras itu, ada beberapa bencana yang terjadi. Misalnya saja pohon tumbang hingga tanah longsor.

Pohon tumbang dan longsor yang terjadi di Tabanan, Selasa 12 Juli 2022. (ist).
Pohon tumbang dan longsor yang terjadi di Tabanan, Selasa 12 Juli 2022. (ist). (istimewa)

Kepala Pelaksana BPBD Tabanan, I Nyoman Srinadha Giri mengatakan, kejadian pohon tumbang terjadi di tiga lokasi, dan satu longsor juga terjadi. Kejadian pelaporan pada pihaknya sekitar pukul 07.30 Wita ada pohon tumbang di jalan utama desa Wanasari, Kecamatan Penebel. Pihaknya pun melakukan penanganan berupa pembersihan pohon tumbang supa jalur utama desa tidak terhambat. Untuk di lokas pertama penanganan dilakukan sekitar satu jam dan arus lalu lintas kembali lancar.

“Ada empat kejadian yang masuk ke kami. Ada tiga pohon tumbang dan satu bencana longsor,” ucapnya.

Ia melanjutkan, untuk kejadian tanah longsor terjadi di jalan yang menghubungkan desa pangkung nyuling menuju banjar tapesan Mengwi Badung. Kejadian sekitar pukul 08.00 Wita dan pelaporan dilakukan pada pukul 16.00 Wita. Akubat kejadian pihaknya melakukan pembersihan dengan menggunakan mesin pompa air menyemprot tanah yang longsor.

“Tanah longsor terjadi karena hujan deras dan tidak ada korban jiwa. Untuk pohon yang di Penebel karena memang kayu sudah lapuk ditambah terkena hujan deras,” ungkapnya.

Baca juga: Hujan Deras, Pohon Tumbang Rusak Atap SD N 2 Bakas dan di By Pass IB Kusamba, Ini Kondisi Terkini

Giri menyebutkan lagi, kejadian ketiga ialah pohon jati tumbang di perumahan taman beji desa beda, Kecamatan Tabanan. Pohon tumbang yang disebabkan oleh hujan deras yang kondisi kayu sudah lapuk dan tidak ada korban jiwa penanganan sampai pukul 10.30. Dan kejadian terakhir yakni pohon boni tumbang terjadi sekitar pukul 11.00 Wita.

Penangannan dan pembersihan pohon boni yang tumbang, yang menutupi setengah badan jalan desa buahan tabanan pun dilakukan. Dan penyebab tumbang disebabkan oleh hujan deras yang kondisi kayu sudah lapuk dan tidak ada korban jiwa penanganan sampai pukul 11.30 Wita.

“Kami imbau warga tetap berhati-hari dan melaporkan apabila terjadi hal serupa di wilayahnya,” bebernya. (ang).

BERITA LAINNYA

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved