Berita Nasional

Lantik Taruna Taruni TNI-Polri, Presiden Jokowi Singgung G20 2022 Sebagai Kesempatan Indonesia

Meski ditengah krisis dunia, Indonesia saat ini sedang dalam persiapan memimpin Presidensi G20 2022 yang diikuti oleh 20 negara ekonomi dunia.

YouTube Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana saat pelantikan Perwira TNI-Polri pada 14 Juli 2022 di Halaman Depan Istana Meredeka. Meski ditengah krisis dunia, Presiden mengungkap Indonesia saat ini sedang dalam persiapan memimpin Presidensi G20 2022 yang diikuti oleh 20 negara ekonomi dunia. 

TRIBUN-BALI.COM - Presiden Jokowi secara resmi melantik Perwira Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) Tahun 2022 pada hari ini, 14 Juli 2022 di Halaman Depan Istana Merdeka.

Perwira TNI-Polri yang dilantik ini merupakan Taruna dan taruni dari Akademi Militer dan Akademi Kepolisian RI.

Presiden Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara dalam pelantikan tersebut.

Adapun bertindak sebagai komandan upacara adalah Kolonel Laut (P) Arya Delano yang merupakan Komandan Resimen Akademi Angkatan Laut (AAL).

Terdapat empat orang yang menjadi perwakilan untuk dilantik langsung oleh Presiden Jokowi, yakni taruna angkatan darat (AD), taruna angkatan laut (AU), taruna angkatan udara (AU) dan taruna Polri.

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 44 TNI Tahun 2022 dan Keputusan Presiden Nomor 45 Polri Tahun 2022 tentang Pengangkatan Taruna dan Taruni Akademi Militer dan Akademi Kepolisian menjadi perwira TNI dan Perwira Polri.

Dilansir dari branda.antaranews.com, sebanyak 754 perwira remaja dari matra TNI dan Kepolisian dilantik oleh Jokowi dalam acara ini.

Para perwira yang dilantik oleh Presiden Jokowi itu terdiri atas lulusan Akademi Militer sebanyak 292 orang, lulusan Akademi Angkatan Laut sebanyak 107 orang, lulusan Akademi Angkatan Udara sebanyak 109 orang, dan lulusan Akademi Kepolisian sebanyak 246 orang.

Pelantikan tersebut didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 44/TNI Tahun 2022 dan Surat Keputusan Presiden Nomor 46/Polri Tahun 2022.

Baca juga: Presiden RI Joko Widodo Pimpin Pelantikan Taruna Taruni TNI-Polri, Soroti Krisis Di Seluruh Dunia

Dalam acara tersebut, Sekretaris Militer Presiden Marsda Tonny Harjono turut membacakan peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik) dari masing-masing akademi, yakni Letnan Dua Rafi Naufal Arfiansyah (dari Akmil), Letnan Dua Pelaut Elang Triasti Fitrananda (dari AAL), Letnan Dua Penerbang Jeremia Zopi Pramudya (dari AAU) dan Inspektur Polisi Dua Adira Rizki Nugroho (dari Akpol).

Adapun pelantikan dihadiri oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Menhan Prabowo Subianto.

Dilansir dari situs resmi Sekretariat Kabiet, setkab.go.id Presiden Jokowi mengucapkan selamat kepada para perwira yang dilantik hari ini.

"Atas nama pribadi, masyarakat, bangsa, dan negara, saya menyampaikan rasa bangga dan selamat atas pelantikan Saudara-saudara para perwira, para kesatria muda sebagai perwira remaja TNI dan Polri." ungkap Presiden Joko Widodo dalam sambutannya selamaa acara pelantikan di halaman Istana Merdeka, 14 Juli 2022.

Presiden Jokowi menyatakan pihaknya memahami betul bahwa perjuangan para perwira untuk sampai di tahap pelantikan ini.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved