Pergantian Komisioner KPU di Tengah Tahapan Pemilu 2024, Kadek Dwita: Perlu Transisi yang Baik

Masa jabatan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) tingkat provinsi maupun kabupaten/kota di Bali berakhir sebelum hari pemungutan suara pemilu

Tribun Bali/Ida Bagus Putu Mahendra
Pengamat politik sekaligus Dosen Program Studi Ilmu Politik Universitas Udayana, Dr. Kadek Dwita Apriani, S.Sos., M.I.P. sebut diperlukan transisi yang baik dalam pergantian komisioner di tengah tahapan pemilu 2024. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Masa jabatan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) tingkat provinsi maupun kabupaten/kota di Bali berakhir sebelum hari pemungutan suara pemilu tahun 2024.

Tentunya hal tersebut menimbulkan pertanyaan publik mengenai keberlangsungan jalannya pemilu tahun 2024.

Ditambah, tahapan pemilu telah dimulai 20 bulan sebelum hari pemungutan suara pemilu tahun 2024, tepatnya tanggal 14 Juni 2022.

Baca juga: Sejumlah Komisioner KPU di Bali Habis Masa Jabatan di Tengah Tahapan Pemilu 2024

Dr. Kadek Dwita Apriani, S.Sos., M.I.P. selaku pengamat politik yang sekaligus berprofesi sebagai Dosen Program Studi Ilmu Politik Universitas Udayana mengemukakan, transisi kepengurusan antara komisioner terdahulu terhadap komisioner selanjutnya, perlu dilakukan secara baik dan bijak.

Kadek Dwita menilai, demi menciptakan kondusivitas pemilu 2024 yang di tengahnya terdapat pergantian komisioner, kepengurusan atau komisioner terdahulu sepatutnya memberikan bimbingan.

Mengingat tahapan pemilu 2024 telah berjalan dan menjadi tanggung jawab yang pernah diemban oleh komisioner sebelumnya.

“Kita juga butuh komitmen dari teman - teman yang misalnya sudah dua periode dan tidak melanjutkan masa jabatannya, dibutuhkan komitmen bahwa handover-nya harus dijalankan secara smooth.”

Baca juga: Empat Bulan Jelang Pemilu 2024, Masa Jabatan Komisioner KPU Bangli Habis

“Dibimbing, jangan begitu habis (masa jabatan) kemudian ditinggal,” ujarnya saat ditemui Tribun Bali pada Jumat 15 Juli 2022.

Dirinya turut menambahkan, pembentukan tim seleksi komisioner KPU yang baru agar segera dibentuk.

Dengan harapan, proses transisi dapat berjalan tepat waktu sehingga tidak mengganggu agenda pemilu yang sudah dirancang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved