Berita Klungkung

Candi Bentar Nyaris Tergerus, Senderan di Pura Manik Mas Longsor

Candi Bentar Nyaris Tergerus, Senderan di Pura Manik Mas Longsor Candi Bentar Nyaris Tergerus, Senderan di Pura Manik Mas Longsor

Penulis: Eka Mita Suputra | Editor: Harun Ar Rasyid
Eka Mita
Senderan yang longsor, menyebabkan candi bentar Pura Penataran yang berdampingan dengan Pura Manik Mas juga nyaris tergerus. 

SEMARAPURA,TRIBUNBALI- Beberapa warga sibuk membersihkan material tanah dan batu di Pura Manik Mas, di Dusun Sengkiding, Desa Ann, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Selasa 19 Juli 2022.

Senderan di pura tersebut longsor, setelah beberapa hari Klungkung dan sekitarnya diguyur hujan deras.

Kelihan Pura Manik Mas Gede Wiarta mengungkapkan, senderan tersebut longsor sekitar pukul 07.00 Wita.

Senderan yang longsor memiliki panjang sekitar 15 meter dan tinggi sekitar 4 meter.

Beberapa warga sibuk membersihkan material tanah, dan batu di Pura Manik Mas, Dusun Sengkiding, Desa Ann, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Selasa (19/7/2022).
Beberapa warga sibuk membersihkan material tanah, dan batu di Pura Manik Mas, Dusun Sengkiding, Desa Ann, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Selasa (19/7/2022). (Eka Mita)

Senderan itu sebeluknya memang sudah ada tanda-tanda rawan longsor, terlebih usia senderan sudah lebih dari 20 tahun.

“Sebelumnya sudah ada tanda-tanda mau longsor. Tanah kelihatan sudah ambles, pondasi senderan tampak retak. Ada tanah yang jebol sedikit, lalu sempat diguyur hujan, itu yang membuat senderan longsor,” ujar Gede Wiarta, Selasa 19 Juli 2022.

Senderan yang longsor, menyebabkan candi bentar Pura Penataran yang berdampingan dengan Pura Manik Mas juga nyaris tergerus.

Sementara Pondasi candi mengalami retak-retak akibat senderan di depannya longsor. Wiarta belum bisa memastikan kerugian yang dialami dari peristiwa itu.

" Tadi sudah diukur oleh BPBD Klungkung,"

Pura Manik Mas diempon sebanyak 80 orang anggota Subak Sengkiding. (mit)

BERITA BALI

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved