Berita Buleleng

PLTU Celukan Bawang Diberi Sanksi Tertulis, Tidak Melapor Saat Rekrut Tenaga Kerja Baru

PLTU Celukan Bawang mendatangkan sejumlah tenaga kerja dari beberapa daerah di Indonesia, serta tenaga kerja asing belum lama ini. 

Tribun Bali
Foto: Ratu Ayu Astri Desiani/ Pengawas Disnaker Bali dan Buleleng saat melakukan sidak di PLTU Celukan Bawang, Kamis (21/7) 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJAPLTU Celukan Bawang mendatangkan sejumlah tenaga kerja dari beberapa daerah di Indonesia, serta tenaga kerja asing belum lama ini. 

Namun penambahan ini tidak dilaporkan kepada pemerintah setempat, sehingga Pihak Managemen PLTU Celukan Bawang diberikan sanksi tertulis. 

Pengawas Tenaga Kerja Disnaker Bali bersama sejumlah tim dari Disnaker Buleleng pun pada Kamis (21/7) melakukan sidak ke PLTU Celukan Bawang.

Petugas melakukan sidak dengan mendatangi asrama, atau tempat tinggal para Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di PLTU Celukan Bawang.

Namun hanya ada beberapa TKA asal China yang berhasil ditemukan. Petugas pun langsung memeriksa kelengkapan administrasi mereka. 

Selanjutnya, petugas mendatangi pintu masuk karyawan yang ada di sebelah barat PLTU Celukan Bawang.

Petugas hanya menemukan beberapa TKI yang baru saja selesai istirahat makan siang. Seluruh TKI itu telah terdaftar dalam data karyawan di PLTU Celukan Bawang.

Baca juga: Peduli Pengrajin Lokal, PLN Kembangkan Inovasi Kerajinan Bambu di Desa Sidatapa Buleleng

Penambahan tenaga kerja ini ditengarai dilakukan oleh salah satu perusahaan yang berada di PLTU Celukan Bawang, yakni Huadian Operation Corporation (CHDOC). 

Pengawas Tenaga Kerja Disnaker Bali, Dewa Nyoman Merta Sedana mengatakan, dari sidak itu, pihaknya memang hanya memeriksa dokumen kewarganegaraan dari segelintir TKA yang bekerja di PLTU tersebut. Sebab dari sidak itu, jumlah TKA yang berhasil ditemukan hanya sedikit.

Sementara tim pengawas yang diterjunkan juga hanya tiga orang. Dari Pengawas Disnaker Bali hanya Dewa Nyoman Merta Sedana, sementara dari Disnaker Buleleng hanya dua orang. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved