Pemilu 2024

Persiapan Pemilu 2024, Bawaslu Tabanan Jamin Penyandang Disabilitas Dapat Hak Politik

Penyandang disabilitas dijamin mendapatkan hak politik yang sama dalam pelaksaan pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

istimewa
Bawaslu sosialisasi ke penyandang disabilitas. (ist). 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN- Penyandang disabilitas dijamin mendapatkan hak politik yang sama dalam pelaksaan pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan Anggota Bawaslu Provinsi Bali, I Wayan Widyardana Putra, saat dalam pengarahan penguatan pemahaman kepemiluan kepada penyandang disabilitas, sejumlah guru dan murid SMA SLB Negeri 1 Tabanan, SLB/C Kemala Bhayangkari, Perwakilan BRSPDSN Mahatmiya Tabanan dan Dinas Sosial Kabupaten Tabanan.

Widy mengatakan, bahwa hak-hak disabilitas dalam pemilu diatur dalam pasal 33 undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu. Untuk itu, penyelenggara pemilu Bawaslu Tabanan mengawal dan memperhatikan penyandang disabilitas dalam proses berdemokrasi. Dan bukan hanya hak politik, mereka disabilitas, wajib dipenuhi dalam soal keramahan akses TPS bagi penyandang disabilitas.

Bawaslu sosialisasi ke penyandang disabilitas. (ist).
Bawaslu sosialisasi ke penyandang disabilitas. (ist). (istimewa)

Diantaranya ialah memastikan para penyandang disabilitas memiliki ruang gerak yang cukup selama berada di TPS.

“Kami akan memastikan agar KPU menyedikan meja kotak suara yang dapat dijangkau oleh para penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda. Termasuk ketersediaan template surat suara braile untuk menjamin penyandang disabillitas berhak terlbat dalam kegiatan politik,” ucapnya Jumat 22 Juli 2022.

Menurut dia, hak-hak dari teman yang berkebutuhan khusus untuk bisa menggunakan hak pilihnya mesti diperjuangkan. Dimana fakta dilapangan, penyandang disabilitas yang ingin menggunakan hak pilihnya, sering terkendala mobilitas menuju TPS. Untuk itu, pihaknya akan menyampaikan kepada KPU untuk menyediakan sarana yang lebih layak untuk teman teman yang berkebutuhan khusus.

Sementara itu Anggota Bawaslu Kabupaten Tabanan I Ketut Narta, mengaku, untuk ke depan langkah yang dilakukan ialah merekomendasikan Disdukcapil Tabanan untuk mempercepat proses perekaman KTP-El untuk saudara-saudara disabilitas. Hal itu, bertujuan supaya bisa terdaftar didata daftar pemilih KPU Tabanan, sebelum nantinya dilakukan verifikasi pemilih.

“Langkah kongkrit itu untuk hak pilih mereka, baru kelanjutan soal tempat mereka memilih (TPS)," jelasnya.

Wakil Kepala Sekolah SLB Negeri 1 Tabanan, Sri Minarti menyatakan, pemahaman kepemiluan kepada penyandang disabilitas adalah bekal untuk mengenal proses pemilu 2024 mendatang. Kemudian mengenal bagiamana tata cara pelaksanaan bagi disabilitas sebagai pemilih. Pihaknya berharap, nantinya teman-teman penyandang disabilitas bisa diberikan perhatian dari Bawaslu untuk aksesibilitas agar mempermudah untuk menggunakan hak suara dan memilih pemimpin di Kabupaten Tabanan nantinya.

“Aksesibilitas yang kami minta diberikan untuk penyandang disabilitas,” ujarnya. (ang).

BERITA LAINNYA

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved