Berita Buleleng

Bendesa Adat Kubutambahan Jadi Tersangka, Diduga Palsukan Dokumen Sporadik Tanah

Bendesa Adat Kubutambahan, Jero Pasek Warkadea ditetapkan sebagai tersangka, atas kasus dugaan pemalsuan dokumen sporadik tanah Balai Banjar Kaje

Tribun Bali/Ratu Ayu Astri Desiani
Kasi Humas Polres Buleleng, AKP Gede Sumarjaya 

 


TRIBUN-BALI.COM, BULELENG - Bendesa Adat Kubutambahan, Jero Pasek Warkadea ditetapkan sebagai tersangka, atas kasus dugaan pemalsuan dokumen sporadik tanah Balai Banjar Kaje Kangin, Desa/Kecamatan Kubutambahan, Buleleng, Bali.

Warkadea ditetapkan sebagai tersangka pada Rabu 27 Juli 2022 lalu.


Kasi Humas Polres Buleleng, AKP Gede Sumarjaya ditemui Jumat (29/7) mengatakan, Warkadea sebelumnya dilaporkan oleh Ketut Paang Suci Wira Brata Yuda, pada 8 Juli 2021 lalu.

Baca juga: Ranperda Buleleng Tentang Pertanggungjawaban APBD 2021 Disepakati

Paang melaporkan  tersangka Warkadea lantaran tidak terima, lahan dari warisan leluhurnya telah disertifikatkan oleh Warkadea tanpa persetujuan korban. 


Lahan seluas 595 meter persegi itu sebelumnya digunakan dan dibangun balai banjar, atas persetujuan keluarga Paang.

Namun saat ada program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Warkadea tiba-tiba mensertifikatkan lahan tersebut, tanpa sepengetahuan dan persetujuan Paang. 


Setelah melakukan penyelidikan  dan gelar perkara yang cukup lama, penyidik pun akhirnya menetapkan Warkadea sebagai tersangka.

Baca juga: RSUD Buleleng Tambah Ruang Payanan Cuci Darah, Sebulan Bisa Layani 1.000 Kali Tindakan

Warkadea dinilai telah menempatkan atau membuat keterangan yang tidak benar, dalam permohonan pensertifikatan lahan tersebut. 


"Menurut pelapor (Paang, red) tanah itu milik keluarganya, warisan dari leluhurnya. Tapi disertifikatkan oleh tersangka, yang diduga dengan cara memalsukan dokumen sporadik. Jadi seolah-olah tersangka menyebut jika tanah itu didapat dari hibah. Itu yang dipalsukan," kata Sumarjaya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved