Pemilu 2024

KPU Denpasar Buka Help Desk, Kini Parpol Bisa Konsultasi Seputar Pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar membuka layanan help desk selama masa pendaftaran dan verifikasi partai politik Pemilu 2024

(Tribun Bali/Ida Bagus Putu Mahendra)
KPU Denpasar Buka Help Desk. Kini Parpol Bisa Konsultasi Seputar Pemilu 2024. 

KPU Denpasar Buka Help Desk, Kini Parpol Bisa Konsultasi Seputar Pemilu 2024

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar membuka layanan help desk selama masa pendaftaran dan verifikasi partai politik Pemilu 2024 yang berlangsung dari 29 Juli 2022 sampai dengan 13 Desember 2022.

Layanan Help Desk di KPU Kota Denpasar, telah dibuka sejak Senin, 1 Agustus 2022 yang dimulai dari pukul 08.00 WITA hingga pukul 17.00 WITA.

I Wayan Arsa Jaya, selaku Ketua KPU Kota Denpasar menerangkan, Help desk digelar dalam rangka memberikan penerangan dan pemahaman kepada partai politik peserta Pemilu 2024.

Khususnya dalam tahapan pendaftaran dan verifikasi.

KPU Denpasar Buka Help Desk. Kini Parpol Bisa Konsultasi Seputar Pemilu 2024.
KPU Denpasar Buka Help Desk. Kini Parpol Bisa Konsultasi Seputar Pemilu 2024. ((Tribun Bali/Ida Bagus Putu Mahendra))

“Pada prinsipnya, baik KPU Provinsi maupun KPU Kota Denpasar, siap melayani stake holder maupun peserta pemilu untuk berkonsultasi dalam rangka proses pendaftaran dan verifikasi.”

“Terkait dengan tata caranya, kertas kerjanya, apa saja yang perlu disiapkan oleh parpol terkait verifikasi itu,” jelas Wayan Arsa Jaya saat ditemui Tribun Bali pada Rabu 3 Agustus 2022.

Lebih lanjut, digelarnya layanan help desk oleh KPU merupakan instruksi dari Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI).

Sehingga, layanan help desk akan dibuka di seluruh KPU tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota di Indonesia.

“Ini perintah KPU RI dan ini dilaksanakan oleh seluruh KPU se-Indonesia. Jadi dalam rangka memenuhi persyaratan, terkait dengan keberadaan partai politik di seluruh provinsi, dan persyaratan lainnya,” ujar Wayan Arsa Jaya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum Kota Denpasar telah mengundang 22 perwakilan partai politik di Kantor KPU Kota Denpasar.

Undangan kepada puluhan partai politik tersebut dalam rangka mensosialisasikan peraturan Pemilu tahun 2024.

Adapun peraturan yang disosialisasikan yaitu Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilu tahun 2024.

Serta Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2022 tentang pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik peserta Pemilu Anggota DPR dan DPRD serta pengenalan fungsi sistem informasi partai politik (SIPOL).

Baca juga: KPU Denpasar Undang 22 Parpol, Sosialisasikan Peraturan Pemilu Tahun 2024 Hingga Status Pemilih

BERITA LAINNYA

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved