Berita Klungkung

Ibu-ibu dilarikan ke UGD, Pingsan Gencer Tabuan yang Bersarang di Palinggih Merajan

Kami menerima informasi, ada ibu-ibu dilarikan ke UGD setelah tersengat tawon. Kami langsung bantu untuk evakuasi sarang tawon tersebut.

Penulis: Eka Mita Suputra | Editor: I Putu Darmendra
kompas.com
TAWON - Seorang ibu-ibu dilarikan ke RSUD Klungkung, setelah gencer tabuan atau tersengat tawon, Minggu 7 Agustus 2022, malam. Tawon tersebut bersarang di palinggih merajan. 

TRIBUN-BALI.COM - Seorang warga di Klungkung dilarikan ke RSUD Klungkung, setelah gencer tabuan atau tersengat tawon, Minggu (7/8).

Tawon tersebut bersarang di palinggih merajan. Setelah kejadian, petugas pemadam kebakaran langsung mengevakuasi sarang tawon tersebut.

Kasatpol PP dan Pemadam Kebakaran Klungkung I Putu Suarta menjelaskan menerima informasi ada seorang ibu-ibu pinsan setelah tersengat tawon di Banjar Bungaya, Desa Akah.

"Kami menerima informasi, ada ibu-ibu dilarikan ke UGD setelah tersengat tawon. Kami langsung bantu untuk evakuasi sarang tawon tersebut," ujar Putu Suarta, Senin 8 Agustus 2022.

Evakuasi dilakukan malam hari, oleh petugas pemadam kebakaran dengn alat pengaman diri khusus. Tawon tersebut bersarang di palinggih merajan warga.

"Itu tawon kunyit yang ekornya kuning. Sengatannya memang keras. Kami evakuasi sesuai SOP, menggunakan APD," jelas Putu Suarta.

Belum jelas tawong kuning yang ia maksud. Namun jika mengarah ke Tawon Vespa Affinis alias Tawon Ndas atau dalam bahasa Bali disebut Tabuan Sirah, maka tawon ini merupakan tawon yang berbahaya.

Baca juga: Gunakan Pakaian Bak Astronot, Damkar Gianyar Dapat Tugas Tambahan Berantas Sarang Tawon

Tawon Vespa Affinis mempunyai ukuran tubuh sekitar tiga sentimeter. Tawon ini didominasi warna hitam dengan belang warna kuning atau oranye.

Ujung tubuhnya berbentuk lancip, bagian inilah yang akan menyengat. Sengatan tawon ini terbilang berbahaya.

Hal ini terjadi apabila jumlah sengatan cukup banyak dan korban mempunyai sensitifitas atau alergi terhadap racun (venom) sengat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved