Berita Negara

Siswa Smansa Negara Valentina Dipercaya Bawa Baki dari Monas ke Istana Negara, Bupati Tamba Bangga

Wanita cantik kelahiran Dauhwaru, Jembrana, Valentina Dyastika kembali dipanggil untuk mewakili Bali menjadi anggota kirab bendera pusaka dari Monas k

istimewa
Momen saat siswi SMAN 1 Negara, Valentina Dyastika saat bertemu Bupati Jembrana, I Nengah Tamba di Rumah Jabatan Bupati, Selasa 9 Agustus 2022 malam. 

TRIBUN BALI .COM, NEGARA- Wanita cantik kelahiran Dauhwaru, Jembrana, Valentina Dyastika kembali dipanggil untuk mewakili Bali menjadi anggota kirab bendera pusaka dari Monas ke Istana Negara pada 17 Agustus 2022 mendatang.

Siswi Kelas XII SMAN 1 Negara yang menjadi anggota paskibraka tahun 2021 lalu ini kembali mendapat kepercayaan. Hal ini juga membuat bangga pihak keluarga dan juga masyarakat Jembrana secara umum.

Wanita yang kini berusia 17 tahun ini pun berjanji akan tampil semaksimal mungkin karena membawa nama Provinsi Bali dan Kabupaten Jembrana di tingkat Nasional.

Ia juga telah mempersiapkan diri sejak dua pekan lalu atau setelah mendapat informasi atau petunjuk dari Pemerintah Pusat melalui Pemprov Bali. Dan kini ia sudah di Jakarta untuk persiapan. 

"Tentu bangga sekali. Kami mohon doa restunya agar mampu menunjukkan yang terbaik saat bertugas nanti membawa nama provinsi Bali dan kabupaten Jembrana," ujar Valen saat bertemu Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, Selasa 9 Agustus 2022 malam kemarin. 

Valen yang didampingi pihak keluarga I Nyoman Birawan dan bibinya, Ni Nyoman Dian Pratiwi juga memiliki cita-cita untuk menjadi atau masuk Akpol. Siswi yang memiliki tinggi 177 cm ini akan memantapkan diri untuk meraih hal tersebut setelah dilibatkan dalam prosesi kirab bendera pusaka nantinya.

Baca juga: Marak Pengurus LPD Terjerat Korupsi, Modus Kredit Tanpa Jaminan, Bendesa Adat Diminta Intens Awasi

Sementara itu, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengaku bangga atas prestasi yang diraih Valentina. Capaian ini menurutnya sekaligus melanjutkan tradisi pelajar Jembrana yang rutin berprestasi mengemban tugas sebagai bagian dari HUT RI tingkat nasional.

"Tentu berbangga karena tugas yang diemban nanti sebagai agenda kenegaraan yang banyak mendapat perhatian. Karena itu saya berpesan agar Valen tetap disiplin, menjaga nama daerah dengan baik serta konsentrasi dan senantiasa menjaga stamina agar lancar menunaikan tugas," pintanya.

Tamba juga menyebut, sosok Valen ini istimewa, mengingat bisa dipanggil kembali dalam rangkaian acara tingkat nasional ini.

"Saya optimis dapat menjalankan tugas dengan baik karena sudah memiliki pengalaman sebelumnya. Tinggal bagaimana bisa senantiasa belajar, sharing ilmu dan pengalaman dan bisa lebih bagus dari sebelumnya. Saya juga siap mendukung apa yang menjadi cita-cita Valentina," harapnya.

Baca juga: Tim Kuasa Hukum Nilai Penahanan Gede Radhea Terburu-buru

Valen Bertugas Membawa Baki Dari Monas Ke Istana Negara

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Kepemudaan dan Olahraga, Dikpora Jembrana, I Komang Trilaksmana mengatakan, Valentina Dyastika ini merupakan salah satu purnapaskibraka yang dipanggil kembali untuk gabung ke anggota kirab bendera pusaka. Saat ini, ia telah berada di Jakarta untuk bergabung dengan rekannya dan melaksanakan persiapan. 

"Valentina ini menjadi purnapaskibraka duta pancasila. Dari BPIP yang menyelenggarakan. Artinya dari mereka yang memilih," 

Dia menyebutkan, jumlah purnapaskibraka yang dipanggil lagi adalah sebanyak 4 orang di Indonesia. Yakni Provinsi Bali, Jawa Barat, Sumatera Utara, dan Kalimantan Barat. Tugas dari Valentina sendiri kali ini adalah membawa baki bendera dari Monumen Nasional (Monas) ke Istana Negara.

"Begitu juga sebaliknya, akan membawa dari Istana ke Monas. Jika tahun lalu, Valen menjadi petugas paskibraka. Kalau ini yang menyerahkan adalah Bapak Wakil Presiden," tandasnya.(*)

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved