Berita Karangasem

Damkar Kembali dapat Tambahan Mobil Pemadam Kebakaran, Saat ini Miliki Tujuh Armada Usia Tua

Damkar Kembali Dapat Tambahan Mobil Pemadam Kebakaran, Saat ini Miliki Tujuh Armada Usia Renta 

Penulis: Saiful Rohim | Editor: Marianus Seran
Istimewa
Foto : Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Karangasem memadamkan kobaran api yang membakar tumpukaan sampah di Banjar Papung, Desa Bungaya, Kecamatan Bebandem, Selasa (15/9/2020) malam hari. 

TRIBUN BALI.COM, AMLAPURA-Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Karangasem kembali melakukan pengadaan kendaraan pemadam kebakaran Tahun 2022.

Penambahn armada karena mobil damkar yang ada tidak cukup menghendal seluruh Karangasem. Selain itu usia kendaraannya sudah tua. 

Kepala Dinas Pemadam  Kebakaran Kabupaten Karangasem, Nyoman Siki Ngurah, mengungkapkan, pengadaan  kendaraan damkar bersumber dari APBD Induk 2022. Nominalnya sekitar Rp 1.5 milliar untuk satu unit kendaraan damkar. Pengadaanya masih dalam proses tender, untuk mencarikan pemenangnya.

Baca juga: Bupati Giri Prasta Sampaikan Perubahan KUA-PPAS TA 2022, Syukuri Target Pendapatan Terpenuhi

"Astungkara  tahun 2022 ada pengadaan mobil damkar 1 unit. Anggarannya sekitar 1.5 milliar. Semoga proses tender bisa jalan lancar, dan tidak ada hambatan,"ungkap I Nyoman Siki Ngurah, Jumat (12/ 8/ 2022) siang hari.

Penambahan armada damkar dilakukan  untuk meningkatkan pelayanan pemerintah dalam menangani kasus kebakaran.

Apalagi kasus keebakaran di Karangasem setiap tahun cukup meningkat. Terutama di musim kemarau di daerah kawasan kering. Seperti di Kecamatan Kubu, serta Abang.

Jumlah armada damkar saat ini sebanyak  7 unit.

Yakni 3 unit kendaraan tangki, 1 unit kendaraan penyemprot tanpa tangki air, 1 unit kendaraan pemadam firedome kapasitas 5 ribu liter air, 1 unit  kendaraan pemadam  firedome kapasitas 3 ribu liter, dan 1 unit mobil khusus  untuk evakuasi. 

"Saat ini kita punya 7 kendaraan operasional. Usia kendaraanya rata - rata sudah tua. Tahun 2022 mendapat tambahan 1 unit.

Sampai sekarang kita masih kekurangaan armada pemadam,"tambah Siki Ngurah.

Baca juga: Cara Bikin Masker dari Daun Kelor, Ampuh Usir Jerawat dan Bikin Kulit Makin Terawat, Auto Glowing!

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved