Berita Bangli

Rezeki Musiman Perajin Undagi di Bangli Saat Ngaben, Dewa Adnyana Kebanjiran Pesanan

I Dewa Ketut Adnyana perajin bade (undagi) asal Banjar Tegalasah Kelod, Desa/Kecamatan Tembuku, Bangli ini kebanjiran orderan saat musim ngaben.

Tribun Bali/Muhammad Fredey Mercury
Dewa Adnyana saat ditemui di bengkel miliknya. Perajin undagi ini kebanjiran order saat musim ngaben bulan Juli hingga Agustus ini. 

 


TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - I Dewa Ketut Adnyana perajin bade ( undagi) asal Banjar Tegalasah Kelod, Desa/Kecamatan Tembuku, Bangli ini kebanjiran orderan saat musim ngaben.

Ia bahkan sempat menolak orderan Bade maupun petulangan karena kewalahan memenuhi pesanan. 


Seperti diketahui, sesuai kalender Bali, bulan Juli hingga Agustus merupakan hari baik untuk pelaksanaan upacara Pitra Yadnya.

Mulai dari ngaben maupun peroras. Tak sedikit masyarakat yang melangsungkan upacara ini baik secara pribadi maupun massal.


Hal tersebut diamini oleh Dewa Adnyana saat ditemui di bengkel kerjanya, Kamis 11 Agustus 2022 kemarin.

Ia mengatakan biasanya masyarakat mulai memesan sarana upacara sejak tiga bulan sebelumnya.

Baca juga: DEWAN BANGLI Soroti Pemanfaatan Plat Nomor Mobil Satu Angka

"Memang di musim ngaben bulan Juli hingga Agustus pesanan mengalami peningkatan dari bulan-bulan sebelumnya. Ada yang memesan untuk pribadi, dan adapula yang memesan untuk kebutuhan ngaben massal," ungkapnya.


Sejak dua bulan ini, kata Dewa Adnyana, ia telah menyelesaikan 9 petulangan jenis lembu, 1 petulangan jenis singa, dan 15 petulangan jenis kotak, serta 8 bade.

Selain membuat bade dan petulangan untuk upacara Ngaben, pihaknya juga melayani  pembuatan kesi-kesi atau adegang untuk upacara peroras. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved