Berita Karangasem

BPBD Karangasem Akan Pasang Alat Repeater dan Sirine Peringatan Dini Erupsi Gunung Agung

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Krangasem akan memasang alat repeater serta sirine alat peringatan dini erupsi Gunung Api Agung di dua

Penulis: Saiful Rohim | Editor: Harun Ar Rasyid
istimewa
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Krangasem akan memasang alat repeater serta sirine alat peringatan dini erupsi Gunung Api Agung di dua titik. 

TRIBUN BALI. COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Krangasem akan memasang alat repeater serta sirine alat peringatan dini erupsi Gunung Api Agung di dua titik.

Yakni Dusun Pucang, Desa Ban, Kec. Kubu dan Dusun Temukus, Besakih, Kecamatan Rendang.

Kepala BPD Karangasem, IB Ketut Arimbawa, mengungkapkan, pemasangan alat repeater dan sirine alat peringatan dini erupsi Gunung Api Agung sbagai early warning system atau peringatan saat terjadi erupsi. Harapannya masyarakat bisa siap siaga dalam mengatasi ancaman erupsi.

Pembangunan ini adalah hasil tindak lanjut dari survey dan rapat pembahasan hasil survey lapangan yang dilaksanakan oleh PT. RISE (rekanan), BPBD Kab. Karangasem serta BNPB Bali. Sebelum pembangunan diawali koordinasi dengan Perbekel Besakih dan Ban melalui surat yang dilayangkan.

"Rabu (10/8/2022), petugas melakukaan pembuatan pondasi pemasangan repeater dan sirine alat peringatan dini erupsi Gunung Agung di Dusun Puucang, Desa Ban Kec.Kubu dan Dusun Temukus, Desa Besakih Kec. Rendang,"kata Arimbawa, Kamis (11/10).

Pondasi yang dipasang baru setebal 5 sampai 10 centimeter dengan kedalaman lubang 1 meter. Setelah pemasangan pondasi selanjutnya secara teknis pembuatan pondasi akan diawasi tim dari PT. RISE. Tukang yang bkerja merupakan tukang lokal dari Banjar Dinas Temukus dan Banjr Pucang

"Personil yang dikerahkan yakni dari BPBD, Camat, dan masyarakat. Seperti di Temukus pembuatan pondasi pemasangan dipimpin Kabid Pencegahn dan Kesiapsiagaan, Unsur Camat Rendang, Klian Banjar Temukus. Untuk di Pucang ada japung penata PB, Baandesa Pucang, Unsur Camat,"akuinya

Pihaknya berharap proses pemasangan alat repeater serta sirine alat peringataan dini erupsi Gunung Api Agung di 2 titik. Mulai dari pembangunan pondasi hingga pemasangan peralatannya."Semoga berjalan lancar hingga selesai,"tambah IB Ketut Arimbawa, pejabat asal Kab. Singaraja.

BERITA LAINNYA

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved