Berita Klungkung

Gunakan Seragam Kebanggaan, Pecalang Batunggul Nusa Penida Gelar Apel di Pesisir Pantai

Para pecalang menggelar upacara bendera di pesisir Pantai Bantununggul, Nusa Penida, Klungkung, Bali. Tepatnya di sebelah utara Pura Dalem

Istimewa
Pecalang Desa Adat Dalem Setra Batununggul, Nusa Penida, Klungkung, Bali menggelar upacara bendera di pesisir pantai. 

 

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Setiap organisasi memiliki cara unik untuk menyambut Hut jadi Provinsi Bali 64 dan sekaligus Hut RI ke 77.

Seperti yang dilakukan satuan pengamanan masyarakat adat atau pecalang Desa Adat Dalem Setra Batununggul yang menggelar upacara bendera di pesisir pantai.


Para pecalang ini menggelar upacara bendera di pesisir Pantai Bantununggul, Nusa Penida.

Baca juga: LPD BAKAS Digeledah Kejari Klungkung, Buntut Kasus Dugaan Korupsi Rp 4,2 Miliar

Tepatnya di sebelah utara Pura Dalem. Para pecalang ini dengan seragam kebanggaannya, menginjakkan kaki di pesisir pantai yang sedang surut.

Beberapa pecalang yang tidak hadir karena ada kegiatan adat di balai banjar, tidak menyurutkan semangat para pecalang ini untuk melaksanakan upacara bendera.


"Para pecalang di Desa Adat Dalem Setra Batununggul ini baru pertama kali melaksanakan upacara bendera di pesisir pantai," ujar Bendesa Desa Adat Dalem Setra Batununggul, I Dewa Ketut Anom Astika, Minggu (14/8/2022).

Baca juga: Naik ke Tahap Penyidikan, Kejari Klungkung Geledah Kantor LPD Bakas


Menurutnya, upacara bendera terkait peringatan hari jadi Provinsi Bali dan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ini, merupakan bentuk dari rasa kebanggaan dan menumbuhkan rasa nasionalisme.


Para pecalang yang merupakan satuan keamanan yang dinaungi desa adat, juga wajib menumbuhkan rasa nasionalisme sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.


"Meski disaat situasional seperti sekarang yang tidak menentu, rasa kebanggaan berbangsa dan negara adalah hal yang pokok atau pondasi dalam bernegara,“ ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved