Berita Bangli

TK Pembina Bangli Manfaatkan Bahan Bekas sebagai Kostum Karnaval

Ratusan siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) SE Kabupaten Bangli memadati areal Alun-alun Bangli, Senin 15 Agustus 2022.

Tribun Bali/Muhammad Fredey Mercury
Anak-anak TK Negeri Pembina Bangli saat mengikuti karnaval paud di Alun-alun kota Bangli. Senin (15/8/2022) 

 


TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Ratusan siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) SE Kabupaten Bangli memadati areal Alun-alun Bangli, Senin 15 Agustus 2022.

Pada hari itu diadakan karnaval untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke 77. 


Anak-anak mengenakan beragam jenis pakaian. Ada yang mengenakan pakaian adat nasional, adapula yang mengenakan pakaian profesi seperti polisi hingga perawat. Dan yang paling unik, yakni mengenakan pakaian berbahan daur ulang. 

Baca juga: Vaksinasi Booster II di Bangli Tuntas, Kadiskes Tegaskan Tak Ada Vaksin Terbuang


Seperti yang dilakukan TK Negeri Pembina Bangli. Tak sedikit yang memanfaatkan kantong plastik untuk disulap sebagai pakaian.

Bahkan ada yang menjadikan bungkus kopi sachet, hingga bungkus kripik kentang, hingga kardus.


Kepala Sekolah TK Negeri Pembina Bangli Ni Made Sri Astuti Nugraha mengatakan, ada dua alasan pihaknya memanfaatkan bahan daur ulang.

Pertama yakni mendukung dan menaati program Gubernur Bali tentang pengelolaan sampah. Sedangkan alasan kedua yakni dalam rangka implementasi kurikulum merdeka. 

Baca juga: Rezeki Musiman Perajin Undagi di Bangli Saat Ngaben, Dewa Adnyana Kebanjiran Pesanan


"Dalam kurikulum merdeka, ada yang namanya learning project yang harus ada kerja sama. Baik itu antar anak, anak dengan guru, maupun anak dengan orang tua. Saat ini yang saya pilih adalah learning project kolaborasi anak dengan orang tua," jelasnya.


Untuk realisasi project ini membutuhkan persiapan selama sepekan. Sri Nugraha mengatakan, pertama pihaknya mengeluarkan ide pemanfaatan bahan daur ulang untuk didiskusikan bersama orang tua.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved