Berita Bali

Aplikasi E-Praja Raksaka Dilaunching Saat Hari Kemerdekaan di Bali, Menerima Laporan Masyarakat

Kodam IX/Udayana meluncurkan aplikasi E-Praja Raksaka, menerima laporan masyarakat dari peristiwa yang berpotensi mengganggu atau mengancam

Tribun Bali/Adrian Amurwonegoro
Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M. saat melaunching Aplikasi E-Praja Raksaka di Ruang Airlangga Makodam IX/Udayana, Denpasar, pada moment peringatan Hari Kemerdekaan, Rabu 17 Agustus 2022 - Aplikasi E-Praja Raksaka Dilaunching Saat Hari Kemerdekaan di Bali, Menerima Laporan Masyarakat 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kodam IX/Udayana meluncurkan aplikasi E-Praja Raksaka, aplikasi ini memiliki fitur Panic Botoom menerima laporan masyarakat dari peristiwa yang berpotensi mengganggu atau mengancam keamanan dan kenyamanan di wilayah, dan Babinsa bakal segera bergerak.

Dengan aplikasi yang diluncurkan Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., di Ruang Airlangga Makodam IX/Udayana, Denpasar, Bali, pada moment peringatan Hari Kemerdekaan, Rabu 17 Agustus 2022 ini, tugas pokok Kodam IX/Udayana agar lebih maksimal, efektif dan efisien.

Aplikasi E-Praja Raksaka memiliki fitur laporan kegiatan Babinsa yang dipergunakan untuk mendokumentasikan setiap kegiatan yang telah dilaksanakan.

Fitur tersebut juga mengajak serta 'Sobat Karib' atau tokoh masyarakat dalam melakukan penilaian terhadap kegiatan dilaksanakan oleh Babinsa.

Baca juga: Kodam IX/Udayana Gelar Rapim, Dibuka oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, Ini Fokusnya

"Terdapat juga fitur pengaduan yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk menyampaikan pengaduan tentang keamanan, bencana alam, pengawasan orang asing, radikalisme maupun laka lalin yang terjadi di daerahnya, mempermudah tugas pembinaan teritorial," ujar Pangdam IX/Udayana saat dijumpai Tribun Bali.

Dijelaskan dia, bahwa fitur Bantuan Cepat yang diperuntukan untuk masyarakat maupun anggota jajaran Kodam IX/Udayana yang membutuhkan bantuan masalah keamanan maupun bencana alam dengan tingkat urgensi yang tinggi, sehingga diketahui dan mendapatkan respon cepat Babinsa setempat.

"Laporan tersebut langsung terhubung dengan Sistem Pusat Komando E-Praja Raksaka yang didalamnya telah tergabung jajaran Babinsa yang tersebar di seluruh wilayah Kodam IX/Udayana, sesuai dengan wilayah tugasnya masing-masing," jelas Pangdam.

Sebagai wadah untuk semakin mendekatkan TNI dengan masyarakat, Pangdam juga menyampaikan bahwa pada Aplikasi E-Praja Raksaka juga terdapat fitur Portal Informasi yang berfungsi sebagai media resmi Kodam IX/Udayana untuk memberitakan setiap informasi kepada masyarakat.

"Pesan saya kepada seluruh prajurit Kodam IX/Udayana maupun masyarakat, agar memanfaatkan Aplikasi E-Praja Raksaka dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat mempermudah masyarakat dalam meminta bantuan dan mengakses informasi terkait kegiatan Babinsa di wilayahnya masing-masing," tutur Pangdam.

Mayjen TNI Sonny berharap dengan adanya Aplikasi E-Praja Raksaka meningkatkan hubungan antara TNI dengan seluruh komponen masyarakat.

Serta membantu TNI khususnya Kodam IX/Udayana dalam melaksanakan tugas pokok melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Aplikasi E-Praja Raksaka untuk dapat digunakan oleh masyarakat maupun anggota jajaran Kodam IX/Udayana, dengan cara mengunduhnya di App Store Android.

"Apabila ada laporan masyarakat Babinsa terdekat akan mendatangi masyarakat yang membuat pelaporan, apabila masalah kriminal ya akan ditindaklanjuti aparat berwenang," pungkas Pangdam IX/Udayana. (*).

Kumpulan Artikel Bali

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved