Pemilu 2024

Bawaslu Denpasar ‘Standby’ di Kantor KPU Denpasar, Awasi Tahapan Verifikasi Administrasi Pemilu 2024

Bawaslu Denpasar ‘Standby’ di Kantor KPU Denpasar, Awasi Tahapan Verifikasi Administrasi Pemilu 2024

(Tribun Bali / Ida Bagus Putu Mahendra)
Komisioner Bawaslu Denpasar, I Nyoman Gede Putra Wiratma. Sebut saat ini Bawaslu Denpasar tengah awasi jalannya verifikasi administrasi. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pasca pendaftaran partai politik peserta Pemilu tahun 2024 ditutup, tahapan Pemilu 2024 bergulir ke tahap verifikasi.

Saat ini, KPU tingkat kabupaten/kota tengah melaksanakan verifikasi administrasi partai politik calon peserta Pemilu 2024.

Bawaslu sebagai Badan Pengawas Pemilihan Umum turut hadir untuk mengawasi jalannya proses verifikasi administrasi tersebut.

Seperti yang disampaikan oleh Komisioner Bawaslu Kota Denpasar, I Nyoman Gede Putra Wiratma kepada Tribun Bali pada Jumat 19 Agustus 2022.

Komisioner Bawaslu Denpasar, I Nyoman Gede Putra Wiratma. Sebut saat ini Bawaslu Denpasar tengah awasi jalannya verifikasi administrasi.
Komisioner Bawaslu Denpasar, I Nyoman Gede Putra Wiratma. Sebut saat ini Bawaslu Denpasar tengah awasi jalannya verifikasi administrasi. ((Tribun Bali / Ida Bagus Putu Mahendra))

Ditanya soal keberadaan pihak Bawaslu Kota Denpasar di kantor KPU Kota Denpasar, Putra Wiratma menuturkan, saat ini Bawaslu Kota Denpasar tengah mengawasi jalannya proses verifikasi administrasi.

“Oh, iya. Saat ini kita lagi proses pengawasan vermin (verifikasi administrasi) dari KPU,” jelas Putra Wiratma saat ditemui Tribun Bali pada Jumat 19 Agustus 2022.

Putra Wiratma menjelaskan, terdapat beberapa hal yang diatensi oleh Bawaslu Denpasar dalam rangka pengawasan verifikasi administrasi.

Seperti misalnya data keanggotaan partai politik.

“Saat ini kami atensinya terkait dengan data-data keanggotaan partai politik seperti apa yang dilakukan KPU. Kami hanya melihat proses bekerjanya. Untuk hasil, akan dikoordinasikan dengan KPU.”

“Karena ini (verifikasi administrasi) butuh ketelitian, kami tidak akan mengganggu tim verifikator KPU dalam bekerja,” jelas I Nyoman Gede Putra Wiratma selaku Komisioner Bawaslu Denpasar Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga.

Lebih lanjut, Putra Wiratma menuturkan, KPU maupun Bawaslu memiliki SOP (Standard Operating Procedure) masing-masing.

Sehingga, dirinya beserta Komisioner Bawaslu Kota Denpasar lainnya, senantiasa berkoordinasi dan menghormati SOP masing-masing.

“Dalam hal ini, SOP dari KPU ada, SOP dari kami juga ada. Jadi kami tidak akan mengganggu, kami taat, tertib SOP dari KPU, dan kami selalu berkoordinasi dalam setiap gerakan, setiap langkah vermin (verifikasi administrasi) itu kami selalu koordinasi dengan temen-temen KPU Denpasar,” ujar Putra Wiratma saat ditemui Tribun Bali di Inna Sindhu Beach Hotel, Denpasar.

Masih di tempat yang sama, Ketua KPU Kota Denpasar, I Wayan Arsa Jaya menuturkan, pasca penutupan pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024, akses SIPOL telah diberikan kepada KPU tingkat kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

“Sejak tanggal 16 (Agustus 2022) yang lalu, kami melakukan proses tahapan verifikasi administrasi untuk keanggotaan partai politik.”

“Kemudian melalui SIPOL, KPU sudah menurunkan data, membuka akses kepada KPU kabupaten/kota termasuk Kota Denpasar, untuk dilakukan tindak lanjut berupa verfikasi administrasi,” jelas Wayan Arsa Jaya saat ditemui Tribun Bali pada Jumat 19 Agustus 2022.

Baca juga: UPDATE: Rekap Pendaftaran Parpol Calon Peserta Pemilu 2024, Berkas dari 25 Parpol Lengkap

BERITA LAINNYA

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved