Berita Tabanan

Hanya 20 Parpol yang Diverifikasi di Tabanan

24 parpol (partai politik) lolos dalam berkas administrasi di KPU (Komisi Pemilihan Umum) Pusat atau RI.

Tribun Bali
Foto bersama dengan 20 partai politik dalam acara sosialisasi KPU Provinsi Bali tentang tahapan pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik peserta pemilihan umum Anggota DPR dan DPRD. (Tribun Bali/Ida Bagus Putu Mahendra) 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN- 24 parpol (partai politik) lolos dalam berkas administrasi di KPU (Komisi Pemilihan Umum) Pusat atau RI.

24 parpol itu kemudian akan dilakukan verifikasi faktual oleh KPU daerah, yang salah satunya dilakukan di Tabanan. Verifikasi faktual itu pun sudah dilakukan oleh KPU Tabanan untuk mencocokkan data keanggotaan atau dukungan.

Baca juga: Terbaru! Ini Daftar Partai Politik yang Lolos Tahapan Pendaftaran Calon Peserta Pemilu 2024

Ketua KPU Tabanan, Gede Putu Weda Subawa mengatakan, bahwa sesuai dengan berkas administrasi yang sudah diserahkan oleh parpol ke Pusat, maka pihaknya kini akan melakukan verifikasi faktual. Verifikasi faktual ini, ialah mencocokkan antara keanggotaan dan dukungan di daerah. Dimana keanggotaan minimal itu ada sekitar 

463 dari setiap parpol. Alasannya, ialah untuk  antisipasi keanggotaan ganda. Namun, sebenarnya dari KPU pusat sudah memberikan petunjuk mengenai keanggotaan ganda atau double itu.

“Jadi didaerah tinggal mencocokkan lagi kenapa ganda atau terjadi double.

Sementara untuk verifikasi ini masih terus dilakukan. Kami menggunakan aplikasi sipil yang digunakan di seluruh Indonesia, di saat yang sama dan jam yang sama di seluruh Indonesia. Jadi 

memang masih terus dilakukan, karena memungkinkan terjafi shut Down,” ucapnya Jumat 19 Agustus 2022.

Baca juga: Cari Cara Cegah Inflasi, Pemkab Klungkung Recana Intervensi Tanah Provinsi Bali

Menurut dia, verifikasi di pusat itu sudah lengkap melalui digitalisasi ada 24 parpol. Sedangkan untuk di Kabupaten Tabanan hanya ada 20, yang mendaftar dan akan diverifikasi.

Namun, memang dalam aturan parpol bahwa di setiap Provinsi, setiap parpol minimal mendaftar di 75 persen dari total daerah baik kabupaten/kota. Nah, di Bali sendiri ada sekitar 9 Kabupaten/kota, maka 75 persennya ialah 7 kabupaten/kota parpol wajib mendaftar.

“Nah di Tabanan hanya 20. Tapi saya dapat informasi di Denpasar 24. Jadi memang minimal pendaftaran ialah 75 persen. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved